web analytics
  

Cara Zulham Zamrun Pikirkan Masa Depan Setelah Pensiun

Selasa, 17 November 2020 17:20 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Cara Zulham Zamrun Pikirkan Masa Depan Setelah Pensiun , Zulham Zamrun,Pemain Persib,Persib Bandung

Zulham Zamrun. (Ayobandung.com/Eneng Reni)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Bukan hal baru bagi pesepak bola untuk mencoba peruntungan berbisnis sebagai persiapan masa pensiun. Hal serupa pun dilakoni penyerang Persib Bandung, Zulham Zamrun.

Pemain yang turut mengantarkan Persib juara Piala Presiden 2015 itu ternyata menyiapkan sejumlah investasi untuk masa masa tuanya. Apalagi, saat dihadapkan dengan nasib tak menentu kompetisi, tak sedikit pesepak bola mulai mengalihkan fokus untuk mengumpulkan pundi di luar aktivitasnya di lapangan hijau.

"Saya bisnis ada sih di rumah kontrakan, rumah kosan, ada juga ruko dibuat untuk toko dan jualan," Kata Zulham, Selasa (17/11/2020).

Eks pemain PSM Makassar itu mengungkapkan, telah merintis usaha sejak menghasilkan uang dari sepak bola. Terlebih, keputusan Zulham untuk  berbisnis demi membahagiakan kedua orang tua. Oleh sebab itu, Zulham mengakui, memiliki sejumlah investasi dalam bentuk bisnis properti di kampung halamannya, Ternate.

"Mulai berbisnis, saat saya menghasilkan (penghasilan) dari sepak bola. Saya juga bersyukur karena punya seorang mama yang bisa memanage keuangan anak-anaknya. Jadi saya serahkan uang kepada orang tua jadi mereka yang mengurus, untuk masa depan kita juga," katanya.

Di samping itu sebagai salah satu tulang punggung keluarga, Zulham ingin selalu menjaga dan membahagiakan orang tuanya. Karenanya bagi Zulham, salah satu cara untuk membahagiakan mereka adalah dengan membuka usaha atas nama keluarga.

"Iya sementara bisnis keluarga sih. Biarkanlah orang tua dan keluarga yang menikmati, selagi saya masih menghasilkan dan mendapat penghasilan sendiri. Biarkan keluarga yang menikmati," ujarnya.

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers