web analytics
  

Teaser “Black Mamba”Aespa Dituding Menjiplak "Pop/Stars" League of Legend

Selasa, 17 November 2020 08:18 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Umum - Internasional, Teaser “Black Mamba”Aespa Dituding Menjiplak "Pop/Stars" League of Legend, KPOP,Kpop Bandung,“Black Mamba”Aespa,"Pop/Stars" League of Legend

Girl grup terbaru SM Entertaintment, Aespa (kpop Chart)

SEOUL, AYOBANDUNG.COM -- Girl grup terbaru SM Entertaintment, Aespa, diterpa isu plagiarisme menjelang perilisan single debut pertama mereka bertajuk "Black Mamba".

Pada Minggu (15/11/2020), pihak agensi merilis teaser lagu debut aespa lewat akun Twitter @aespa_official.

Sayangnya, saat teaser MV ditayangkan, SM  Entertaintment dituduh menjiplak video musik "Pop/Stars" yang diusung girl group League of Legend.

Dalam teaser berdurasi 39 detik itu, keempat member aespa menampilkan tarian yang penuh energik, dalam suasana  futuristik yang  sangat kental. Kemudian, mereka berpose di dalam gerbong kereta yang ditumbuhi berbagai macam  bunga. Di akhir video, muncul seekor ular raksasa yang mencaplok kamera dan suasana berubah menjadi suram.

Meski terlihat menarik, cuplikan itu malah dibanjiri respon negatif dari sebagian besar penggermar Kpop. Fans mengklaim terlalu banyak kesamaan setelah membandingkannya dengan  video musik girl group League of Legend K/DA, "POP/STARS".

Dikutip dari Koreaboo pada Senin (16/11/2020), kesamaan itu diantaranya terlihat pada pengambilan latar yang sama yaitu di gerbong kereta. Kemudian aespa juga menampilkan skema warna neon dan grafiti seperti K/DA. Penampakan estetika ‘Black Mamba’ secara keseluruhan pun dinilai serupa.

Melihat kesamaan ini, penggemar mulai melontarkan kritikan sekaligus mempertanyakan keseriusan SM Entertaintment.

“Bukankah SM Entertaintment adalah agensi besar? Apa-apaan dengan kekurangan reativitas ini.”

“Apa mereka bercanda, dari AVATAR sampai MV, semuanya tumpang tindih. Bagaimana mereka bisa terus bersikeras bahwa mereka tidak menjiplak? Ada banyak kesamaan," komentar netizen via Koreaboo.

Ini bukan kali pertama aespa menghadapi tuduhan plagiarisme. K / DA tak henti-hentinya disebut sejak konsep ‘AI’ aespa diawal perkenalan member pertama kali terungkap.

Tidak berhenti disitu, sejak dirilisnya teaser MV Black Mamba , artis visual lain asal Jerman, Timo Helgert, menyebut bahwa beberapa adegan dalam teaser aespa terlihat mirip dengan karyanya yang diunggah di Instagram @vacades miliknya.  

Timo Helgert mengklaim SM telah menjiplak karyanya. "Mereka tidak bertanya kepadaku dan aku tidak mengerjakan itu," ujar Helgert, mengklarifikasi bahwa SM tidak meminta izin untuk menggunakan karyanya, di Instagram Story miliknya.

Sementara penggemar K-Pop menuntut penjelasan atas kemiripan tersebut, SM Entertainment hingga kini belum memberikan tanggapan apapun mengenai tuduhan plagiarisme yang beredar. (Almira Salsabila/Magang)

 

Editor: Andres Fatubun
dewanpers