web analytics
  

Hujan Guyur Bandung Sepanjang Hari, Hati-hati Mobil Mati saat Banjir

Selasa, 17 November 2020 06:16 WIB Fira Nursyabani
Bandung Raya - Bandung, Hujan Guyur Bandung Sepanjang Hari, Hati-hati Mobil Mati saat Banjir, Cuaca Bandung Hari Ini,Cuaca Bandung,cuaca Bandung BMKG,Tips Berkendara saat Hujan,tips mengemudi saat banjir

Cuaca hujan Kota Bandung. (Ayobandung.com/Muhammad Farhandika/Magang)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Hujan dengan intensitas ringan akan mengguyur wilayah Bandung pada Selasa (17/11/2020). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hujan akan berlangsung sejak pagi hingga malam hari.

Pada pagi hari, cuaca Bandung akan cerah berawan sebelum akhirnya hujan. Suhu Bandung hari ini berkisar di angka 23 derajat Celcius pada malam hari dan 31 derajat Celcius pada siang hari.

Hujan akan turun merata di seluruh wilayah Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Bandung. Sementara di Kabupaten Bandung, hujan akan mulai turun siang hari di wilayah Ibun dan Kertasari.

Tips Mengemudi di Tengah Banjir

Sejumlah ruas jalan Bandung sering tergenang air saat hujan. Hal itu membuat sejumlah kendaraan terpaksa putar balik atau bahkan nekat menerobos banjir.

Cara paling aman memang sebaiknya tidak memaksakan diri  untuk melewati kondisi banjir. Persoalannya, bila  tidak ada pilihan lain dan harus menerobos genangan air, maka dibutuhkan pemahaman teknik dan batas aman melewati kawasan itu.

Berikut adalah cara aman mengemudi mobil ala Mitsubishi, bila terpaksa mesti mengarungi genangan air, dikutip dari Suara.com.

Terpenting sebelum melakukan kegiatan ini, siapkan diri secara fisik dan mental, utamanya menjaga emosi agar bisa melakukan kegiatan mengemudi dalam kondisi di luar kebiasaan ini.

Ini langkah-langkah mengemudikan mobil di tengah banjir dari Mitsubishi:

1. Perhatikan mobil lain yang menerobos banjir lebih dulu

Memperhatikan mobil lain yang menerobos banjir lebih dulu penting dilakukan agar pengemudi bisa mengetahui seberapa dalam genangan air di jalan yang ingin dilewati.

Biarkan pengemudi lain lewat dan lihat jenis mobilnya serta pelajari kontur jalan dari mobil yang sudah melaju di depan.

Bila mobil tadi berhasil melintasi banjir dan sejenis dengan mobil yang dikendarai, maka silakan mengikuti. Pastikan menjaga mobil tidak sampai berhenti saat sedang menerobos genangan.

2. Batas aman mobil dapat melewati genangan air atau banjir

Batas aman ketinggian air yang masih bisa dilewati ialah tidak melebihi dari ketinggian ban saat melintas, maksimal setengah ban saat posisi mobil sedang tidak bergerak. Semakin tinggi air maka akan semakin besar risiko untuk mobil kemasukan air.

3. Perhatikan juga gelombang air yang timbul karena kendaraan lain

Adanya gelombang air ini dipastikan akan membuat tinggi air menjadi naik turun dan berisiko untuk masuk ke dalam mobil lebih besar lagi.

4. Gunakan gigi satu atau L untuk mobil matic saat melintas.

Untuk transmisi manual gunakan gigi 1 dan untuk transmisi otomatis dapat memilih transmisi L atau B untuk tetap berada dalam gigi rendah.

5. Setelah berhasil melewati genangan, langsung lakukan pengetesan rem

Biasanya ketika menerobos genangan, rem menjadi basah dan fungsi pengereman menjadi terganggu. Agar rem kembali bekerja maksimal sebaiknya pengendara menginjak rem berkali-kali sampai rem berfungsi normal seperti sedia kala.

Jika berhasil lolos dari genangan air, sebaiknya pengendara memeriksa kembali kondisi mobil termasuk mesin dan juga sistem pengereman.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers