web analytics
  

Ketua DPRD KBB Dukung RUU Minol

Senin, 16 November 2020 21:47 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Ngamprah, Ketua DPRD KBB Dukung RUU Minol, RUU Minol,DPRD KBB

Ketua DPRD KBB, Rismanto. (Tri Junari)

PADALARANG, AYOBANDUNG.COM -- Ketua DPRD KBB, Rismanto mendukung usulan Rancangan Undang-undang (RUU) minuman beralkohol. Undang-undang ini diharapkan dapat mengurangi peredaran minuman keras di Indonesia maupun di wilayah Kabupaten Bandung Barat.

“Tentu mendukung, saya dengar ini sudah masuk dalam tahap penyelarasan di Badan Legislasi (Baleg). Tentunya, masyarakat pun mengapresiasi langkah DPR RI yang akan mengesahkan RUU minol itu,” kata Rismanto, Senin (16/11/2020).

Dengan disahkannya RUU Minol nanti, kata dia akan menekan berbagai dampak negatif. Salah satunya seperti di konsumsi anak dibawah umur dapat diantisipasi.

Seperti halnya, di beberapa negara mengonsumsi minol tidak bisa sembarangan dilakukan, bahkan rokok pun ada jarak tertentu. Dengan adanya RUU tersebut, potensi generasi muda untuk meminum miras bisa ditekan.

“Kedepan generasi muda akan sangat bagus dampaknya. Bahkan untuk mengiklan hal tersebut harus dibatasi,” kata dia.

Jangankan tentang minuman beralkohol, lanjut Rismanto, barang-barang lain tentunya perlu diatur regulasinya. Apalagi, kata dia, ini jenis barang yang memiliki dampak negatif.

“Sebagaimana kita tahu kalau sembarang distribusikan, tidak ada batasan usia, tidak ada batasan tempat, kapan boleh dan tidak boleh di konsumsi. Itu kan akan banyak berdampak kepada masyarakat,” ujarnya.

Seperti diketahui, bahwa orang yang di bawah pengaruh minuman beralkohol pada kadar tertentu bisa menyebabkan orang tersebut tidak tekontrol, kemudian melakukan tindakan-tindakan lain yang merugikan masyarakat lainnya.

“Hal positifnya bagi kita, saya rasa masyarakat akan berpikir sekian kali, karena ada syarat-syarat tertentu di kala masyarakat ingin mengonsumsi minol tersebut, ini juga akan menekan angka orang yang mengonsumsi minol,” tuturnya.

Lebih jauh Rismanto menerangkan, seperti yang tadi disebutkan bahwa salah satu dampaknya bisa menghilangkan konsentrasi sehingga tidak bisa mengontrol dirinya, seperti sedang mengemudi itu bisa menimbulkan kecelakaan.

“Jadi akan menekan angka orang yang mengonsumsi minuman beralkohol di tempat yang tidak semestinya,” pungkasnya.
 

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers