web analytics
  

Pilkada Indramayu Diwarnai Perusakan Baliho Pemenangan

Senin, 16 November 2020 20:29 WIB Erika Lia
Umum - Regional, Pilkada Indramayu Diwarnai Perusakan Baliho Pemenangan, Berita Indramayu,pilkada indramayu,Pilkada Serentak 2020

Tangkapan layar rekaman CCTV dugaan perusakan APK salah satu paslonkada di Kabupaten Indramayu. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

INDRAMAYU, AYOBANDUNG.COM -- Sebuah rekaman video yang menunjukkan aksi perusakan alat peraga kampanye (APK) milik salah satu pasangan calon kepala daerah (paslonkada) Kabupaten Indramayu dalam Pilkada Serentak 2020, beredar luas di jagat maya.

Kejadian itu terekam CCTV yang berada di sekitar lokasi APK. Rekaman menunjukkan terjadi pada 14 November 2020 sekitar pukul 01.38 WIB kala situasi sekitar lengang.

Dalam rekaman video itu, 2 pria tampak berboncengan sepeda motor dan berhenti di depan baliho. Salah seorang di antara mereka turun dari sepeda motor dan menghampiri baliho yang menampilkan 3 wajah, salah satunya yang familiar foto diri anggota DPR RI dari Partai Demokrat, Herman Khaeron.

Si pelaku yang mengenakan topi dan sebelumnya duduk sebagai pembonceng melancarkan tendangan ke arah baliho. Dia diduga hendak merusak baliho tersebut.

Namun, usahanya gagal ketika dia justru jatuh terjengkang ke belakang seusai melakukan tendangan. Rekannya, yang sebelumnya mengemudikan sepeda motor dan turun, mengambil sebuah ranting yang berada tak jauh dari baliho.

Dia memapas beberapa ranting kecil dengan dedaunan yang masih bergerumbul di bagian atasnya. Setelah ranting itu hanya menyisakan bagian tengahnya yang terbesar, lelaki itu lantas memukulkannya beberapa kali ke arah permukaan baliho.

Sementara, lelaki bertopi yang sebelumnya terjatuh, sempat merobek sebagian kecil plastik baliho yang berlubang. Hasil pukulan ranting lelaki ke-2 sendiri berhasil memperbesar kerusakan pada lubang yang diciptakan lelaki pertama.

Lelaki ke-2 pun lantas menyelesaikan 'pekerjaannya' dengan terburu-buru merobek sebagian permukaan baliho yang berada dalam jangkauannya. Baliho itu rusak di bagian tengah hingga bawah.

Setelahnya, lelaki ke-2 menghampiri sepeda motor dengan lelaki pertama telah bersiap di depan kemudi. Keduanya langsung tancap gas dan menghilang dari bingkai kamera.

Belakangan diketahui baliho yang dirusak memuat foto para anggota tim pemenangan paslonkada nomor urut 1, Muhamad Sholihin-Ratnawati yang diusung PKB, PKS, Partai Demokrat, dan Partai Hanura.

Terkait ini, Sholihin menyebut, aksi premanisme telah menodai proses pilkada di Indramayu. Aksi tersebut dinilainya masuk ranah pidana.

"Kami akan kaji barang bukti," ujarnya.

Pihaknya mengimbau para pendukung tetap tenang agar situasi kondusif. Dia menyerahkan urusan itu kepada tim advokasi hukumnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Indramayu Nurhadi tak memberikan respons detail ihwal kejadian ini, Senin (16/11/2020). Dia hanya mempersilakan siapapun yang mengetahui dugaan pelanggaran untuk melapor sesuai prosedur.

"Silakan laporkan tempat, waktu, dan terduga pelakunya," cetusnya singkat kepada Ayocirebon.com.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers