web analytics
  

Siswa Totolab Berprestasi di World Coding Contest 2020

Senin, 16 November 2020 19:22 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Umum - Pendidikan, Siswa Totolab Berprestasi di World Coding Contest 2020, TotoLab,World Coding Contest 2020,Coding

Siswa TotoLab, Sekolah Coding dan Literasi Digital. (totolab.site)

BOJONGSOANG, AYOBANDUNG.COM -- Siswa TotoLab, Sekolah Coding dan Literasi Digital, memperoleh penghargaan pada World Coding Contest 2020 yang diselenggarakan oleh International Kids Coding  Competition (IKCC) selama bulan Oktober 2020 kemarin dengan tema Save Our Planet. Aplikasi yang harus digunakan pada kompetisi ini adalah aplikasi Scratch.

Penghargaan yang didapatkan adalah Outstanding Story untuk kategori umur 13-14 tahun atas nama Aqil Mujahid Sholahuddin dan juga masuk menjadi rangking 5 besar pada kategori ini, Outstanding Script untuk kategori umur 9-10 tahun yang didapatkan atas nama Raifandra Eijaz Shareeq dan Zahran Zulfikar Nafis, dan Gentala Arsyad Awwabin sebagai partisipan dari kategori usia 7-8 tahun yang merupakan siswa kelas online TotoLab dari Bekasi. Siswa Totolab berhasil menyabet beberapa penghargaan di atas seusai bersaing dengan anak-anak lain di seluruh dunia.

Kompetisi ini diperuntukkan untuk anak-anak dari umur 7-14 tahun dan diikuti oleh 546 peserta dari 35 Negara. Setiap anak yang mengikuti kompetisi ini harus membuat sebuah game dengan tema tersebut dan memastikan game tersebut memenuhi kriteria yang diinginkan. Ada pun kriteria penilaian dari kompetisi ini adalah orisinalitas ide, skrip dan cerita yang dibawakan, dan animasi. 

Para siswa Totolab telah berusaha selama satu bulan terakhir untuk bisa membuat game yang menarik dan interaktif.

Dalam prosesnya, anak-anak ini terlebih dahulu menyusun skrip dan story dari game yang ingin dibangun. Setelah itu, mereka mendesain karakter game dan menyusun musik yang cocok. Barulah mereka memulai proses coding untuk membangun game yang bisa dimainkan. 

Proses coding sendiri sangat menarik bagi anak-anak, karena selain mereka bisa mendesain game, hal ini juga bisa membantu kemampuan berpikir mereka. Logika, computational thinking, serta kemampuan teknis lainnya jadi ikut terlatih.

TotoLab berusaha memperkenalkan proses belajar coding yang sangat banyak manfaatnya ini kepada para orang tua agar bisa membantu anak-anak mereka untuk berproses dalam mempelajarinya. 

Dengan mendapatkannya penghargaan ini, kami berharap anak-anak semakin semangat dalam mempelajari coding dan terus berkarya agar Indonesia bisa melahirkan kreator-kreator yang inovatif dalam bidang teknologi dan informasi.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers