web analytics
  

Dinkes Kabupaten Bandung Selamatkan Ratusan Santri dari Paparan Covid-19

Senin, 16 November 2020 17:54 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Dinkes Kabupaten Bandung Selamatkan Ratusan Santri dari Paparan Covid-19, Dinkes Kabupaten Bandung,Covid-19 Kabupaten Bandung,Santri

Santri. (istimewa)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung melakukan langkah cepat melakukan penanganan klaster covid-19 di dua pesantren Kabupaten Bandung.

Kepala Dinkes Kabupaten Bandung Grace Mediana mengatakan, beberapa pekan lalu pihaknya melakukan pemeriksaan kesehatan di 12 pondok pesantren.

"Di salah satu pesantren kami menemukan ada santri yang hilang indra penciuman, kami tindaklanjuti dengan screening dan ada 245 santri yang kami lakukan tes," tutur Grace, Senin (16/11/2020).

Dari 245 santri yang dilakukan tes PCR SWAB, pihaknya menemukan 104 santri terkonfirmasi covid-19 dan langsung melakukan isolasi mandiri di pondok pesantren tersebut dengan pengawasan dari tenaga medis dari puskesmas terdekat.

"Kami lakukan tracing kembali terhadap 178 santri dengan PCR SWAB," katanya.

Hasilnya ada 70 santri yang terkonfirmasi covid-19 dan langsung dilakukan isolasi mandiri.

Di pesantren lain, Dinkes Kabupaten Bandung menemukan kasus serupa, yakni seorang santri mengalami gangguang kehilangan indra penciuman.

Sebanyak 350 santri diperiksan kesehatan dengan PCR SWAB dan menemukan 35 kasus positif covid-19. Di pesantren tersebut dilakukan isolasi mandiri.

"Ini merupakan langkah cepat dalam memutus mata rantai. Mudah-mudahan adik-adik santri ini segera sembuh setelah melakukan isolasi mandiri," ujarnya.

Grace berharap dengan kasus tersebut banyak pondok pesantren yang dengan sukarela membiarkan pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap santri. Pasalnya jika ada satu orang yang terpapar, maka potensi penyebaran semakin besar apabila tidak dilakukan langkah penanganan dengan cepat.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers