web analytics
  

5 Kebiasaan yang Bikin Rambut Rusak, Salah Satunya Rutin Keramas

Senin, 16 November 2020 14:28 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Fashion, 5 Kebiasaan yang Bikin Rambut Rusak, Salah Satunya Rutin Keramas, Rambut Rontok,perawatan rambut,Keramas,Keramas Air Panas

[Ilustrasi] Perawatan rambut. (Pixabay/Ryan McGuire)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Rambut rontok atau terlalu berminyak menjadi salah satu masalah yang dialami banyak orang. Penyebabnya bisa bermacam-macam, namun yang paling umum karena kesalahan dalam melakukan perawatan rambut.

Masalahnya, kesalahan itu mungkin saja tidak disadari karena sudah dilakukan rutin dan menjadi kebiasaan umum.

Berikut kesalahan dalam perawatan rambut yang paling sering dilakukan orang, dikutip dari Times of India:

1. Mencuci rambut setiap hari

Mencuci rambut setiap hari bisa mengikis minyak alami pada rambut. Akibatnya, kulit kepala akan memproduksi lebih banyak minyak dan bahkan menyebabkan lebih banyak kerusakan. Idealnya, mencuci rambut cukup dilakukan 3-4 kali seminggu, tergantung pada jenis kulit kepala.

2. Terlalu banyak memakai kondisioner

Kondisioner juga bagian dari perawatan rambut yang biasa digunakan setelah mencuci rambut. Namun, satu kesalahan umum adalah menerapkannya seperti sampo, bahkan memakaikannya dari akar rambut. Kondisioner hanya ditujukan untuk ujung rambut. Mengoleskan pada daerah kulit kepala akan membuat rambut lebih berminyak.

3. Keramas dengan air panas

Bagi sejumlah orang, mandi dengan air panas mungkin menyegarkan. Namun, menggunakan air panas untuk keramas benar-benar dapat merusak rambut. Air panas dapat melepaskan minyak alami dan keratin rambut. Akibatnya, Anda bisa kehilangan kilau rambut.

4. Mengikat rambut saat masih basah

Tahukah Anda bahwa rambut basah lebih rentan rusak? Mengikat rambut atau menjepitnya bisa memicu kerontokan rambut lebih parah, juga menyebabkan masalah ketombe. Anda dapat menggunakan sisir bergigi lebar untuk merapikan rambut yang masih basah.

5. Terlalu sering menyisir

Menyisir memang bisa membuat rambut lebih rapi. Namun, terlalu sering melakukannya dapat menyebabkan banyak gesekan pada rambut. Akibatnya, terjadi kerusakan kurtikula dan membuat rambut jadi agak keriting.

Selain itu, ujung rambut dapat bercabang dan membuat rambut lebih berminyak. Padahal jika menyisir seperlunya, minyak alami atau sebum rambut yang diproduksi kelenjar minyak akan tersebar secara merata ke seluruh rambut.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers