web analytics
  

22 Aplikasi Berbahaya di Play Store Bikin Baterai HP Cepat Habis

Senin, 16 November 2020 08:45 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bisnis - Gadget, 22 Aplikasi Berbahaya di Play Store Bikin Baterai HP Cepat Habis, Google Play Store,Baterai HP Boros,malware,baterai smartphone

[Ilustrasi] Sedikitnya terdapat 22 aplikasi di Google Play Store yang berpotensi sangat membahayakan data pengguna dan kesehatan HP, terutama membuat baterai HP boros. Hal itu diungkapkan para peneliti keamanan di Shopos Labs. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Sedikitnya terdapat 22 aplikasi di Google Play Store yang berpotensi sangat membahayakan data pengguna dan kesehatan HP, terutama membuat baterai HP boros. Hal itu diungkapkan para peneliti keamanan di Shopos Labs.

Aplikasi berbahaya yang ditemukan ini tidak hanya berpotensi disisipkan malware, tapi juga bisa menyedot habis baterai smartphone. Mengerikannya, 22 aplikasi tersebut ditemukan di Google Play Store yang selama ini dianggap aman. Bahkan ada yang sudah diunduh lebih dari 2 juta kali.

Ilmuwan mendapati bahwa berbagai aplikasi berbahaya tersebut melakukan clickfraud atau penipuan klik pada iklan yang tampil di dalamnya.

Pembuat aplikasi ini menyembunyikan aktivitas clickfraud dengan cerdik. Bahkan bisa menjalankannya secara terjadwal tiap 10 menit sekali, bahkan bisa mengonfigurasi 80 iklan per detik.

Ketika aktivitas clickfraud ini berlangsung, aplikasi ini menipu pengiklan seolah-olah melihat iklan bahkan mengklik iklan, padahal pengguna sama sekali tidak mengetahui.

Dampak bagi pengguna, aktivitas semacam ini membuat perangkat terbebani secara proses. Ditambah akan memakan daya yang tidaklah sedikit, hingga tidak sadar baterai telah habis.

Peneliti juga mendapati bahwa pembuat aplikasi berbahaya tersebut melakukan penipuan review di Google Play Store untuk mengelabuhi calon pengguna.

Didapati bahwa aplikasi-aplikasi ini mendapatkan puluhan review positif, dari pengguna-pengguna yang mencurigakan. Bahkan mayoritas mendapatkan lebih dari nilai 4.

Menurut laporan Sophos, Google telah mengambil tindakan pada aplikasi-aplikasi ini dengan menghapusnya dari Play Store pada 25 November 2020.

Meski aplikasi ini tidak lagi tersedia di Google Play Store, bukan berarti cara menanamkan aktivitas clickfraud tersebut hilang.

Terlebih untuk para pengguna yang sudah menginstal aplikasi berbahaya ini. Maka aktivitas di baliknya, berpotensi untuk tetap bekerja.

Lalu apa saja aplikasi berbahaya ini?

  1. Sparkle FlashLight – com.sparkle.flashlight
  2. Snake Attack – com.mobilebt.snakefight
  3. Math Solver – com.mobilebt.mathsolver
  4. ShapeSorter – com.mobilebt.shapesorter
  5. Tak A Trip – com.takatrip.android
  6. Magnifeye – com.magnifeye.android
  7. Join Up – com.pesrepi.joinup
  8. Zombie Killer – com.pesrepi.zombiekiller
  9. Space Rocket – com.pesrepi.spacerocket
  10. Neon Pong – com.pesrepi.neonpong
  11. Just Flashlight – app.mobile.justflashlight
  12. Table Soccer – com.mobile.tablesoccer
  13. Cliff Diver – com.mobile.cliffdiver
  14. Box Stack – com.mobile.boxstack
  15. Jelly Slice – net.kanmobi.jellyslice
  16. AK Blackjack – com.maragona.akblackjack
  17. Color Tiles – com.maragona.colortiles
  18. Animal Match – com.beacon.animalmatch
  19. Roulette Mania – com.beacon.roulettemania
  20. HexaFall – com.atry.hexafall
  21. HexaBlocks – com.atry.hexablocks
  22. PairZap – com.atry.pairzap

Itulah temuan 22 aplikasi berbahaya untuk pengguna Andorid. Jika kamu menginstalnya, segera hapus. Atau jika merasa baterai cepat habis, cek adakah aplikasi di atas pada HP kamu.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers