web analytics
  

Bandung Diguyur Hujan Siang Malam, Waspada Ular Masuk Rumah

Senin, 16 November 2020 05:29 WIB Fira Nursyabani
Bandung Raya - Bandung, Bandung Diguyur Hujan Siang Malam, Waspada Ular Masuk Rumah, Cara cegah ular,Ular masuk rumah,ular di permukiman,Cuaca Bandung Hari Ini,Cuaca Bandung,cuaca Bandung BMKG

Warga menggunakan payung saat hujan. (Ayobandung.com/Ryan Suherlan/magang)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Hujan dengan intensitas sedang hingga ringan akan mengguyur wilayah Bandung pada Senin (16/11/2020). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hujan akan berlangsung saat siang hingga malam hari.

Sementara pada pagi hari, cuaca Bandung akan cerah berawan. Suhu Bandung hari ini berkisar di angka 23 derajat Celcius pada malam hari dan 30 derajat Celcius pada siang hari.

Hujan akan turun merata di seluruh Bandung Raya. Hujan intensitas sedang diprakirakan akan turun di Bandung Barat, Bandung Tengah, Bandung Selatan, dan Bandung Timur. Sementara di Bandung Utara hujan akan turun dengan intensitas lebih ringan.

 

5 Cara Mencegah Ular Masuk ke Rumah

Musim hujan merupakan waktu yang tepat bagi ular untuk muncul ke permukiman. Menurut Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), fenomena ini merupakan hal yang wajar karena inilah waktu bagi ular kobra betina untuk menetas.

Meski demikian, tentu kemunculan ular di dalam rumah bukanlah hal yang diinginkan. Bahkan, sebisa mungkin harus dihindari. Ini terkait keselamatan seluruh anggota keluarga di rumah, mengingat banyak ular merupakan jenis berbisa.

Nah, untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah Anda, berikut 5 tip yang telah dirangkum dari laman Rentokil Singapura.

1. Pastikan tak ada tikus di dalam rumah

Tikus adalah salah satu makanan utama ular. Pastikan tidak ada sumber makanan ini di sekitar rumah Anda.

Ular menggunakan lidah mereka untuk mengendus dan melacak mangsa. Mereka mampu menangkap aroma binatang pengerat tersebut di dalam rumah Anda, yang kemudian membawa mereka ke sana.

Nah, untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah, selalu jaga kebersihan lingkungan rumah Anda, singkirkan semua sumber makanan dan tutup lubang serta celah yang mungkin dilalui tikus.

2. Jaga agar rumput di halaman tetap pendek

Jika Anda memiliki halaman atau taman, pastikan untuk menjaga rumput tetap pendek. Hal ini akan mencegah ular merayap mendekat ke rumah Anda.

Ular sering menggunakan rumput tinggi untuk bersembunyi, menghindari terlihat oleh predator, seperti burung besar, kucing, atau anjing liar. Karena ular berdarah dingin, mereka sangat suka tempat teduh, salah satunya semak-semak, sebagai tempat istirahat agar tubuhnya tetap dingin.

3. Tutup lubang dan celah

Lubang dan celah merupakan jalan bagi ular untuk memasuki rumah. Karena ular memiliki tubuh yang fleksibel, mereka dapat dengan mudah masuk melalui celah kecil sekali pun.

Jadi, pastikan Anda menutup lubang atau celah di dinding, terutama yang rusak karena air atau hama.

4. Pasang pagar atau dinding di sekitar rumah sebagai pencegah

Jika rumah Anda di kelilingi area persawahan atau kebun, atau terletak di dekat kawasan hutan, berarti rumah Anda lebih berisiko didatangi ular. Bahkan, tak jarang ular membuat sarang di area tersebut.

Nah, untuk melindungi diri dari kemungkinan ular masuk ke dalam rumah, hal terbaik yang harus dilakukan adalah membuat pagar pembatas atau dinding di sekitar rumah Anda.

Ini akan membantu mencegah ular mendekati rumah Anda dan membuat sarang di taman atau area di luar ruangan.

5. Pastikan halaman bebas dari barang bekas

Hindari meletakkan barang-barang bekas di halaman rumah, karena ini merupakan salah satu spot favorit ular untuk bersembunyi. Selain tumpukan barang bekas, tumpukan sampah atau daun kering dan tumpukan batu juga merupakan tempat terbaik bagi ular untuk menetap dan beristirahat.

Jadi, jangan pernah meninggalkan barang-barang bekas dan sampah lainnya di sekitar kebun atau halaman Anda, ya.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers