web analytics
  

Asya Branch, Wanita Kulit Hitam Pertama yang Memenangkan Miss USA 2020

Sabtu, 14 November 2020 16:55 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Umum - Internasional, Asya Branch, Wanita Kulit Hitam Pertama yang Memenangkan  Miss USA 2020 , Asya Branch,Miss USA 2020,Berita internasional ayobandung

Asya Branch, pemenang Miss USA 2020. (Winknews)

MEMPHIS, AYOBANDUNG.COM -- Perempuan kulit hitam pertama yang dinobatkan sebagai Miss Mississippi USA sekarang berhasil menjadi pemenang Miss USA 2020.

Setelah kontes Miss USA 2020 mengalami penundaan selama beberapa bulan akibat adanya pandemi virus corona. Hingga akhirnya pada hari Senin (9/11/2020), Asya Branch, yang merupakan seorang mahasiswi di Universitas Mississippi dan penduduk asli Booneville, berhasil dinobatkan sebagai Miss USA 2020, yang nantinya akan mewakili Amerika Serikat di kontes Miss Universe.

Branch berbagi kemenangan bersejarahnya dengan Miss Teen USA 2020 yaitu Ki'ilani Arruda, yang merupakan perempuan Hawaii kedua yang memenangkan kontes remaja.

Dikutip dari CNN pada Selasa (10/11/2020), dari panggung di Graceland Exhibition Center di Memphis, Tennessee, Branch mengajukan pertanyaan tentang bagaimana memperbaiki negara yang masyarakatnya terbelah dua akibat adanya perbedaan kepercayaan pada lembaga seperti media dan pemerintahan.

Kemudian, Branch pun mengajukan pertanyaan tentang bagaimana undang-undang perizinan senjata di negaranya, karena keluarganya sendiri memiliki senjata, dan diluar sana masih banyak orang yang harus belajar bagaimana menggunakannya dengan aman sebelum mereka mendapatkan izin.

Dalam sebuah wawancara, Branch mengungkapkan bahwa ayahnya pernah dipenjara selama 10 tahun. Pengalamannya itu menginspirasinya untuk mengadvokasi reformasi peradilan pidana, dan pada tahun 2018 dia bertemu dengan Presiden Donald Trump dan pejabat lainnya untuk membahas langkah-langkah untuk membantu mengintegrasikan kembali mantan tahanan ke masyarakat setelah dibebaskan.

"Saya belajar banyak tentang diri saya sendiri, tetapi pada saat yang sama, ketika saya berbagi cerita tentang bagaimana saya menghadapi berbagai hal dengan tidak membiarkan hal-hal itu menghentikan saya, disaat yang bersamaan saya dapat menyembuhkan sekaligus membantu orang lain menemukan jalan mereka," ujarnya dalam sebuah wawancara pada September lalu.

Pada awalnya, Kontes Miss USA 2020 ini dijadwalkan pada musim semi, tetapi sehubungan adanya pandemi Covid-19, banyak acara besar lainnya yang dibatalkan pada saat itu.

Hingga akhirnya, Organisasi Miss Universe yang menjalankan Miss USA memutuskan untuk mengadakan kontes tersebut pada musim gugur, dengan mengikuti beberapa protokol virus corona: Kontestan mengenakan masker berhiaskan berlian ketika mereka berada di luar panggung dan mengunjungi tempat-tempat terkenal seperti Museum Nasional Sipil Rights, dan para penonton di Graceland diwajibkan untuk memakai masker di dalam ruangan dan melakukan pengecekan suhu terlebih dahulu. Graceland tidak menyebutkan adanya penerapan sosial distancing dalam protokol Covid-19 nya.

Pada acara penobatan, Cheslie Kryst yang merupakan Miss USA 2019, secara langsung memasangkan mahkotanya kepada Branch.

Pada masa Kryst menjabat sebagai Miss USA 2019, untuk pertama kalinya pemenang kontes kecantikan bergengsi seperti Miss USA, Miss Teen USA, Miss America dan Miss World, dimenangkan oleh wanita kulit hitam. (Annisa Nur Falah/magang)

Editor: Andres Fatubun
dewanpers