web analytics
  

TikTok Mendapat Secercah Harapan di Amerika Serikat

Sabtu, 14 November 2020 16:37 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Umum - Internasional, TikTok Mendapat Secercah Harapan di Amerika Serikat , TikTok,Lagu TikTok,cara cari uang tiktok,mencari uang lewat tiktok

TikTok. (Reuters)

WASHINGTON, AYOBANDUNG.COM -- Siapa yang tidak kenal TikTok, aplikasi yang jadi trend di semua kalangan.

Penggunanya dapat membuat video dengan musik sendiri. Aplikasi besutan Cina yang rilis pada September 2016 itu sukses diunduh ratusan juta pengguna. Pasalnya aplikasi ini seringkali menuai kontroversi hingga dilarang di beberapa negara termasuk Amerika Serikat. Namun, dilansir dari BBC News pada Jumat (13/10/2020) pemerintah AS menghentikan larangan TikTok.

Departemen Perdagangan AS menunda larangan sambil menunggu perkembangan hukum lebih lanjut. Mengutip putusan pengadilan Philadelphia pada September, tiga selebriti TikTok mengatakan aplikasi harus diizinkan beroperasi di Amerika.

Putusan itu akan menyenangkan sekitar 100 juta pengguna di AS.

Pada bulan September, pemilik TikTok di Cina, ByteDance mengumumkan kesepakatan dengan Walmart dan Oracle untuk memindahkan aset TikTok AS menjadi entitas baru yang disebut TikTok Global.

Donald Trump secara tentatif mendukung kesepakatan itu. Namun, pada Selasa (10/11/2020) TikTok mengaku belum mendapat tanggapan dari AS selama 2 bulan.

Presiden Trump mengatakan ia ingin TikTok dijual ke perusahaan AS.

Baik Trump maupun Menteri Luar Negeri, Mike Pompeo, mengatakan bahwa data pengguna AS dapat diteruskan ke pemerintah Cina, meskipun tidak ada bukti terkait hal ini. TikTok pun membantah tuduhan tersebut.

India sudah melarang TikTok karena perselisihan diplomatik dengan Cina. Hingga sekarang, TikTok tidak belum memberikan tanggapan atas pelarangan tersebut. (Siti Nurul Fajriati/magang)

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers