web analytics
  

Jika Ada Guru Beri Tugas Sulit, Orang Tua Murid Silakan Laporkan ke Sini

Sabtu, 14 November 2020 13:49 WIB Muhammad Ikhsan
Umum - Regional, Jika Ada Guru Beri Tugas Sulit, Orang Tua Murid Silakan Laporkan ke Sini, Virus Corona,pembelajaran jarak jauh (PJJ),Tugas saat PJJ

[Ilustrasi] Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saat pandemi corona. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Orang tua murid dipersilakan memberikan aduan kepada sekolah maupun dinas pendidikan jika saat kegiatan belajar mengajar (KBM) secara daring ada guru yang memberikan tugas sulit atau berat.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur Cupi Kanigara menanggapi keluhan sejumlah orang tua yang merasa anaknya terlalu diberikan tugas yang sulit.

“Kalau memang ditemukan guru yang memberikan tugas terlalu berat, orang tua murid silakan melaporkan ke komite, pihak sekolah maupun ke dinas,” ujar Cupi Kanigara kepada Ayobandung.com saat dihubungi melalui telepon, Sabtu (14/11/2020).

Setelah diadukan pada komite sekolah, pihak sekolah, maupun dinas, guru yang bersangkutan akan diberikan pengertian agar bisa melihat situasi dan kondisinya.

“Saya paham keluhan atau keresahan para orang tua murid atas tugas dari guru yang terlalu sulit memberikan tugas,” katanya.

Aisyah (41), warga Desa Ciwalen, Kecamatan Warungkondang, menuturkan, logikanya, saat pandemi kan KBM tidak bertatap muka, pelajarannya pun cukup terbatas karena melalui daring.

“Harusnya disesuaikan dengan pelajaran melalui daring, karena berbeda kalau bertatap muka, tidak akan maksimal menyerap pelajaran, artinya tugas yang diberikan jangan terlalu berat karena pembelajarannya kurang maksimal,” katanya.

Akibat terlalu sulit diberikan tugas, anak menjadi gampang marah akibat stres tugas dari guru tidak bisa dikerjakan. “Kalau sudah marah-marah, ya kami lah ibunya jadi kena sasaran dan anak juga jadi malas belajar,” tuturnya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers