web analytics
  

Mang Oded: Kepatuhan Warga Bandung Terus Turun

Jumat, 13 November 2020 18:47 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, Mang Oded: Kepatuhan Warga Bandung Terus Turun, Wali Kota Bandung Oded M. Danial,Covid-19 Kota Bandung

Wali Kota Bandung Oded M. Danial dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (Dok Humas Pemkot Bandung)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Kasus positif Covid-19 di Kota Bandung hingga saat ini masih meningkat. Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan hal tersebut berbanding  lurus dengan tingkat kepatuhan warga dalam menerapkan protokol kesehatan yang semakin menurun.

"Tingkat kepatuhan warga terhadap Perwal (Peraturan Wali Kota) AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) terus menurun setiap periodenya," ungkap Oded dalam konferensi pers di Balai Kota Bandung, Jumat (13/11/2020).

Ia mengatakan, terdapat penurunan kepatuhan sebanyak 2,08% dari periode pertama ke periode kedua penerapan AKB di Kota Bandung. Data tersebut diperoleh dari aplikasi pemantauan lapangan kepatuhan warga.

"Sedangkan kepatuhan warga dari periode kedua ke periode ketiga hingga 12 November 2020 ini mengalami penurunan sebesar 8,24 %," ungkapnya.

"Artinya ini sangat drastis," lanjut Oded.

Ketika ditanya hal yang menjadi faktor kepatuhan warga menurun, Oded mengatakan salah satunya yang dominan adalah karena banyak warga yang merasa jenuh terhadap Covid-19. Sehingga, aturan protokol kesehatan pun cenderung dianggap sepele.

"Kelihatannya sih, kalau dari laporan di lapangan, cenderung karena masyarakat sudah seperti merasa tidak ada lagi Covid-19. Mungkin sudah jenuh. Ini persoalan, Covid-19 itu masih ada di antara kita," ungkapnya.

Oleh karenanya, ia mengatakan, Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung akan memperketat penerapan aturan AKB di tingkat kewilayahan. Sosialisasi dan edukasi terkait penerapan 3M akan terus dilakukan.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers