web analytics
  

Ini Panduan Olahraga Bagi Usia di Atas 50 Tahun

Jumat, 13 November 2020 17:56 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Ini Panduan Olahraga Bagi Usia di Atas 50 Tahun, Olahraga,Lanjut Usia (Lansia),orang tua

Lansia Berolahraga. (Istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Mereka yang sudah berusia di atas 50 tahun dan lansia disarankan tetap melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Namun, sebelum memutuskan jenis aktivitas dan intensitasnya, Ahli Kardiovaskular dr Gusti Rizky Teguh Ryanto menyarankan para lansia berkonsultasi dengan dokter dan menjalani skrining kesehatan.

"Sudah muncul faktor risiko berbagai penyakit seperti kardiovaskular. Pertama sebelum dilakukan konsultasi ke dokter, kalau bisa skrining dulu penyakit semisal jantung, gula darah, diabetes," kata dia dalam wawancara bersama media secara daring, Jumat (13/11/2020).

Menurut Rizky, rekomendasi aktivitas akan tergantung pada individu masing-masing dengan durasi minimal 150 menit dalam sepekan. Olahraga bisa dilakukan  dengan intensitas sedang atau 75 menit intensitas tinggi per pekan, dan dibagi ke dalam beberapa sesi dalam sepekan untuk capai target.

Untuk pembagian aktivitas, misalnya, jalan kaki selama 30 menit pada Senin, Selasa dan Jumat. Lalu pada Rabu dan Sabtu bisa bersepeda atau berenang, aerobik, zumba selama 30 menit dengan dua hari untuk jeda di Kamis dan Minggu.

Hal ini sesuai dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menganjurkan para lansia melakukan aktivitas fisik untuk meningkatkan keseimbangan dan mencegah jatuh sebanyak tiga kali atau lebih per pekan.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers