web analytics
  

Bupati Aa Umbara Kepergok Diperiksa KPK, Hanya Tunduk dan Murung

Jumat, 13 November 2020 05:53 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Ngamprah, Bupati Aa Umbara Kepergok Diperiksa KPK, Hanya Tunduk dan Murung, Aa Umbara,Bupati Bandung Barat Aa Umbara,Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),Aa Umbara KPK

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna. (Ayobandung.com/Tri Junari)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM --  Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menjalani pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kantor BPKP perwakilan Jabar, Jalan Jenderal Amir Machmud, Kota Bandung, Kamis (12/11/2020). 

Saat kepergok sejumlah jurnalis keluar dari gedung tempat ia menjalani pemeriksaan, Aa Umbara yang biasanya bersemangat tampak murung dan lebih banyak tertunduk. 

"Nanti ya, belum selesai," kata Aa saat ditanya wartawan soal pemeriksaan yang dijalaninya.

Umbara yang mengenakan setelan batik motif berwarna biru lengan panjang dengan memakai masker di wajahnya kepergok wartawan usai menjalankan salat Zuhur di masjid komplek BPKP sekira jam 12.30 WIB.

Meski sejumlah jurnalis menanyakan sejumlah hal, Aa Umbara lebih memilih tidak banyak berbicara dan hanya terus berjalan masuk kembali ke gedung tempat KPK melakukan pemeriksaan.

Sekira pukul 19.00 WIB, sejumlah orang diduga penyidik KPK keluar dari gedung menenteng koper dan beberapa dus berisi berkas-berkas kemudian memasukannya ke mobil jenis minibus berwarna hitam.

"Udah, udah beres," kata seorang penyidik KPK saat ditanya wartawan.

Ketika dimintai keterangan lebih lanjut, penyidik dari KPK tak menjawab. Mereka segera masuk ke dalam mobil lalu meninggalkan area perkantoran. 

Tak diketahui apa isi koper dan dus yang dibawa penyidik. Belum diketahui pula kasus apa yang menjerat Aa Umbara hingga harus diminta keterangannya oleh penyidik KPK.

Meski penyidik sudah keluar gedung, tak terlihat orang nomor satu di KBB itu keluar melalui pintu yang sama. Padahal, awak media sudah menungga Aa di halaman gedung BPKP Jabar sejak pukul 12.30 WIB.

Sebelumnya, Juru Bicara KPK Ali Fikri membenarkan KPK tengah meminta keterangan Bupati Aa Umbara berkaitan dengan penyelidikan kasus yang tengah ditanganinya. Akan tetapi, dia tak menyebutkan secara rinci kasus apa yang berkaitan dengan pemeriksaan Umbara. 

"Karena masih penyelidikan, kami belum bisa menyampaikan lebih lanjut," kata dia melalui pesan singkat.

Aa Umbara Sempat 'Hilang' dan Mengaku Sakit

Sebelumnya, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna sempat 'menghilang' dan mengaku sakit sehingga urung menghadiri sejumlah kegiatan di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (10/11/2020).

Kepala Bagian Humas dan Protokol Bandung Barat Agus Ganjar Hidayat menerangkan, berdasarkan jadwal yang sudah tercatat hari ini, Aa Umbara akan menghadiri beberapa kegiatan. 

Pada kegiatan pertama, Aa Umbara dijadwalkan menghadiri acara recheking yang digelar secara virtual, kemudian menghadiri hajatan di kecamatan Cipatat.

"Seharusnya menghadiri kegiatan Rapimda KNPI di Ngamprah, tapi saat saya konfirmasi ke ajudan katanya Bupati tidak bisa hadir karena sakit dan akan melakukan cek kesehatan," ujar Agus saat dikonfirmasi Ayobandung.com di acara Rapimda KNPI, Selasa (10/11/2020).

Agus mengaku, kabar soal diperiksanya Aa Umbara oleh KPK baru diketahuinya dari awak media. Dia hanya dikabari bahwa Aa Umbara urung menghadiri kegiatan yang sudah dijadwalkan karena kurang sehat.

"Wah saya baru tahu dari wartawan, konfirmasi terakhir beliau sakit hingga urung hadir di sini," katanya.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers