web analytics
  

Ini 10 Makanan Lezat yang Menyehatkan Jantung

Kamis, 12 November 2020 23:31 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Ini 10 Makanan Lezat yang Menyehatkan Jantung, makanan sehat,Jantung

Buah bit. (Istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah melalui pengaturan pola makan atau diet yang tepat. Kabar baiknya, ada banyak variasi makanan lezat yang ternyata juga baik untuk kesehatan jantung.

Makanan-makanan yang baik untuk kesehatan jantung ini juga mudah diolah. Oleh karena itu, makanan-makanan ini cocok untuk dijadikan sebagai menu sarapan, makan siang, hingga makan malam.

Setidaknya ada 10 jenis makanan yang baik untuk jantung sekaligus memiliki rasa yang menggugah selera. Berikut ini kesepuluh makanan tersebut, seperti dilansir di laman Men's Health.

1. Buah bit

Bit mengandung vitamin dan mineral yang bervariasi. Salah satu di antaranya adalah kalium yang dapat menunjang kesehatan jantung. "Tapi yang membuat (bit) bersinar adalah kandungan nitrat makanan mereka yang tinggi," ujar ahli gizi, Kelly Jones MS RD.

Di dalam tubuh, nitrat makanan dari bit akan diubah menjadi oksida nitrat. Senyawa ini dapat membantu melebarkan pembuluh darah. Kondisi ini dapat mengurangi tekanan pada jantung dan memperbaiki tekanan darah.

2. Ceri tart

Ceri tart diketahui kaya akan antioksidan polifenol. Buah ini juga memiliki sifat antiinflamasi. Studi pada 2019 menunjukkan bahwa konsumsi jus ceri tart yang rutin dapat memberikan efek positif bagi kadar kolesterol darah. Kadar kolesterol darah yang terkontrol akan memberi dampak yang baik bagi kesehatan jantung. Selain diolah menjadi jus, ceri tart juga bisa diolah menjadi //smoothie// atau dimakan langsung.

3. Pistachio

Hampir 90 persen dari kandungan lemak dalam kacang pistachio adalah lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Satu porsi pistachio mengandung sekitar tiga gram serat. Selain menyehatkan bagi jantung, kacang ini juga dapat memberikan perasaan kenyang yang lebih memuaskan.

4. Biji-bijian utuh

Konsumsi produk yang dibuat dari biji-bijian utuh atau whole grain secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Menurut penelitian, mengganti produk dari bahan biji-bijian olahan menjadi produk dari biji-bijian utuh dapat menurunkan kadar kolesterol total dan LDL atau kolesterol jahat".

5. Kentang

Dalam menjaga kesehatan jantung, asupan kalium memegang peranan penting untuk mengelola tekanan darah. Satu porsi kentang mengandung kalium yang lebih banyak dibandingkan pisang. Kentang juga merupakan sumber antioksidan vitamin C yang baik.

6. Oat

Oat biji-bijian utuh dan oat bran memiliki kandungan serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Kombinasi diet rendah lemak jenuh dan tiga gram serat larut dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

7. Alpukat

American Heart Association merekomendasikan konsumsi lemak tak jenuh tunggal dan ganda, sekaligus membatasi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans. Alpukat dikenal kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap sehat.

8. Salmon

Ikan berlemak seperti salmon sebaiknya dikonsumsi dua porsi per pekan untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan strok. Ikan-ikan berlemak dapat memberikan asupan asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung.

9. Flaxeed

Flaxeed dikenal kaya akan serat, asam lemak omega 3, dan fitokimia bernama lignan. Kandungan ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan risiko penyakit jantung.

10. Kacang Polong

Kacang polong diketahui kaya akan serat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung. Beberapa di antaranya adalah folat, magnesium, dan antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah.

"Serat juga dapat mendorong kadar gula darah dan kadar kolesterol yang lebih sehat," kata ahli gizi Lauren harris-Pincus MS RDN.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers