web analytics
  

Demi UMKM, Teh Nia Siap Bangun Teknopark

Kamis, 12 November 2020 22:49 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Demi UMKM, Teh Nia Siap Bangun Teknopark, Kurnia Agustina-Usman Sayogi,Teh Nia,Teknopark UMKM

UMKM. (Irfan Al-Faritsi)

CIMAUNG, AYOBANDUNG.COM -- UMKM menjadi salah satu yang menjadi perhatian pasangan Kurnia Agustina-Usman Sayogi jika terpilih menjadi Bupati Bandung periode 2021-2026.

Calon Bupati Bandung nomor urut 1 tersebut mengatakan hasil dari kampanyenya di seluruh wilayah kabupaten bandung, terdapat masalah yang dihadapi para pelaku UMKM dan harus diselesaikan.

Dia menyontohkan di Cimaung banyak pelaku UMKM yang bergerak dalam pertanian kopi, namun masih terbentur masalah pengelolaan dan pemasaran.

"Misalnya belum ada koperasi dan pembinaan petaninya masih bersifat parsial," tutur Nia, di Cimaung, Kamis (12/11/2020).

Bahkan pengadaan bibit kopi berjenis berbeda-beda, padahal kopi Kabupaten Bandung terkenal akan jenis spesialty artinya hanya kopi jenis unggul tertentu yang banyak diburu penikmat kopi. Sehingga diperlukan pendampingan oleh ahli.

Begitu pun dengan masalah pelaku UMKM di daerah lain yang belum didampingi oleh para ahlinya. Sehingga Nia berencana membuat wadah yang khusus menangani masalah tersebut.

"Kami akan membuatkan satu bentuk wadah untuk menampung semua konsultasi atau curhatan teman-teman UMKM yang kami namakan Teknopark. Taman untuk teknologi yang memudahkan," ungkapnya.

Teknopark yang akan dibuat oleh Nia menjadi jembatan bagi semua pihak bertemu untuk menyelesaikan masalah UMKM dari hulu sampai hilir.

"Nanti teman-teman dari berbagai kalangan dan unsur bisa datang. Karena di dalamnya akan disiapkan incubator bisnis, pastinya ini akan tersinergikan dengan teman-teman akademisi, komunitas, CSR dan lain sebagainya," paparnya.

Dengan bertemunya seluruh unsur dalam satu wadah, maka masalah hulu sampai hilir yang menjadi ganjalan UMKM berkembang akan terselesaikan.
 

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers