web analytics
  

Hasil Swab Test, 22 Pegawai Kelurahan Cibeureum Negatif Covid-19

Kamis, 12 November 2020 16:20 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bandung Raya - Cimahi, Hasil Swab Test, 22 Pegawai Kelurahan Cibeureum Negatif Covid-19, Update Corona Cimahi,corona cimahi,Cibeureum

Warga melintas di dekat mural bertema covid-19 di Jalan Bapa Ampi, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Sabtu (17/10/2020). Mural ajakan menjaga jarak dan menggunakan masker tersebut dibuat sebagai sosialisasi kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. (AyoBandung.com/Irfan Al-Faritsi)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi mengumumkan 22 orang kontak erat dengan Lurah Cibeureum Achmad Suparlan dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan hasil swab test. Selanjutnya, test swab dilakukan terhadap para anggota Lembaga kelurahan, seperti Karang Taruna, PKK, dan LPM yang sebelumnya kontak dengan lurah.

"Hasilnya sudah keluar ada 22 orang. Alhamdulillah kontak erat dengan Pak Lurah (Achmad Supalran) negatif semua," ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Chanifah Listyarini, saat dihubungi, Rabu (12/10), dikutip dari siaran pers Humas Pemkot Cimahi.

Berdasarkan data yang diperoleh AyoBandung.com dari situs web https://covid19.cimahikota.go.id/news/4108/detailhttps://covid19.cimahikota.go.id/news/4108/detail, diketahui Cibeureum, dengan 36 kasus, menjadi kelurahan dengan jumlah kasus positif aktif terbanyak per Rabu (11/11/2020). Terjadi pengurangan 2 kasus di kecamatan ini dibandingkan data sehari sebelumnya.Menyusul di urutan kedua, Kelurahan Citeureup dengan 28 kasus aktif.

Sebelum melakukan swab test, Dinkes Kota Cimahi juga sudah melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan cairan disinfektan di seluruh kantor kelurahan untuk memastikan paparan virusnya hilang. Meski hasil tes pegawai dan keluarga sudah keluar dan negatif, pelayanan di Kelurahan Cibeureum belum sepenuhnya pulih. Pelayanan masih dilakukan secara terbatas.

Masyarakat yang ingin mengurus berbagai keperluan hanya diperkenankan menunggu di luar area kantor kelurahan. Pihak kelurahan menyiapkan pegawai khusus untuk memberikan layanan kepada warga yang datang mengantre.

Sekretaris Kelurahan Cibeureum Adang Kusuma menjelaskan, masih dibatasinya pelayanan dikarenakan hari ini ada swab lanjutan terhadap berbagai lembaga kelurahan seperti Karang Taruna, PKK dan LPM yang sebelumnya sempat kontak dengan lurah. Diharapkan Adang, berharap hasil swab kontak erat susulan hari ini segera keluar dan hasilnya negatif semua, sehingga pelayanan terhadap masyarakat bisa normal kembali.

Membaik

Secara terpisah Lurah Cibeureum Achmad Suparlan mengabarkan kondisinya semakin membaik. Meski begitu dirinya belum bisa memastikan kapan swab lanjutan akan dilakukan untuk memastikan paparan virus di tubuhnya. Achmad saat ini menjalani isolasi di kompleks Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jawa Barat, Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi.

Achmad juga menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk tetap waspada dan selalu menerapkan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Editor: Tri Joko Her Riadi
dewanpers