web analytics
  

PERSIB HARI INI: Gol Debut Omid Nazari Usai Lewati Penantian di 11 Laga

Kamis, 12 November 2020 11:10 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, PERSIB HARI INI: Gol Debut Omid Nazari Usai Lewati Penantian di 11 Laga, Omid Nazari,PERSIB HARI INI,Persib Bandung,Persib vs Arema,Pemain Asing Persib

Gelandang asing Persib Bandung, Omid Nazari bersama para pemain lainnya merayakan gol ke gawang Arema. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Gelandang asing Persib Bandung, Omid Nazari akhirnya bisa mencetak gol debutnya pada pertandingan pekan ke-27 Liga 1 2019 atau tepatnya, 12 November 2019.  

Omid melakoni laga debut bersama Persib pada laga melawan PSS Sleman pada pekan terakhir putaran pertama di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (30/8/2019).

Saat itu, Omid membutuhkan 11 pertandingan untuk bisa mencetak gol pertama saat berseragam Persib. Selain mencetak gol debut, Omid juga memberikan satu assist untuk gol ketiga Persib yang dicetak oleh Frets Butuan.

Omid dinobatkan sebagai man of the match di pertandingan tersebut.

Sumbangan satu golnya membuat Persib Bandung mengalahkan Arema FC dengan skor 3-0. Kemenangan meyakinkan ini sekaligus pembalasan atas kekalahan menyesakan Persib di putaran pertama Liga 1 2019 dengan skor 1-5.

Bertanding di hadapan bobotohnya, Persib kala itu membuka keunggulan melalui gol cepat Kim Jeffrey Kurniawan saat laga baru berjalan enam menit. Ini merupakan gol pertama Kim pada musim itu.

Gol perdana Omid untuk Persib pun terjadi pada menit 36 untuk menggandakan keunggulan tuan rumah. Tiga menit berselang, giliran Frets Butuan menambah keunggulan Persib menjadi 3-0.

Di babak kedua, Persib sudah di atas angin. Sebaliknya, Arema FC berjuang untuk bangkit. Namun, hingga laga usai, tidak ada lagi gol tercipta.

Di laga ini, sedianya pelatih Robert Alberts kehilangan lima pilarnya dan memainkan komposisi tim, I Made Wirawan; Nick Kuipers, Achmad Jufriyanto, Zalnando, Supardi Nasir; Abdul Aziz Lutfi Akbar, Dedi Kusnandar, Frets Butuan/Julius Josel (92), Kim Jeffrey Kurniawan/Hariono (87), Erwin Ramdani/Ghozali Siregar (63); Omid Nazari.

Sedangkan pelatih Arema FC, Milomir Seslija memainkan Kurniawan Kartika Ajie; Jayus Hariono, Alfin Ismail Tuasalamony/Nasir (73), Arthur Cunha Da Rocha, Johan Ahmat Farizi; Konate Makan, Ridwan Tawainella, Ricky Akbar Ohorella, Takafumi Akahoshi/Riky Kayame (46); Ahmad Nur Hardianto Sunarto (65), Rivaldi Bawuo.

Didatangkan untuk Perbaiki Posisi Persib

Omid Nazari bergabung bersama Persib pada pertengahan kompetisi liga musim 2019. Ia adalah gelandang berkebangsaan Iran kelahiran Swedia keturunan Filipina. 

Kedatangan Omid ke skuat Maung Bandung sempat diragukan. Bagaimana tidak, Persib adalah klub pertama Omid di Indonesia. Sudah pasti banyak yang mempertanyakan kualitasnya. 

Namun, kemampuan pria kelahiran 29 April 1991 itu dalam mengolah si kulit bundar terjawab setelah ia melakoni laga debut kontra PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, 30 Agustus 2019 lalu.

Kala itu, ia sukses mengantarkan Maung Bandung memenangi laga dengan skor 1-0 di hadapan puluhan ribu bobotoh. 

Omid Nazari. (Instagram/@omidnazari)

Sentuhan magis Omid di sektor tengah Persib sebetulnya tak terlepas dari pengalamannya berkarier di daratan Skandinavia, khususnya Swedia.

Di usia muda, ia sempat mengenyam pendidikan sepak bola di Akademi Malmo FF, Swedia dan berkarier di sejumlah klub seperti Angelholms FF, FC Rosengard. 

Kini, kehadiran Omid di Persib merupakan suatu hal yang amat vital. Selain mampu mematahkan serangan lawan, gelandang bernomor punggung 91 ini juga punya kemampuan yang mumpuni dalam membuat umpan dan melakuan set piece. 

Di musim pertamanya bersama Persib, Omid nyaris tak tergantikan. Ia tampil sebanyak 17 laga dan mencetak 1 gol serta 3 assist. 

Kontribusi besarnya berhasil membantu Persib memperbaiki posisi di Liga 1 2019. Pangeran Biru pun mampu finis di peringkat keenam setelah sempat terseok-seok pada awal musim lalu.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers