web analytics
  

Kolaborasi dengan Content Creator, Visval Gaet 2 Personel Tim Jurnal Risa

Rabu, 11 November 2020 23:04 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Gaya Hidup - Fashion, Kolaborasi dengan Content Creator, Visval Gaet 2 Personel Tim Jurnal Risa, Visval,Fesyen Bandung,Brand Lokal,Tim Jurnal Risa

Brand lokal Bandung, Visval. (Eneng Reni)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Brand lokal Bandung, Visval melakukan kolaborasi dengan kreator lokal yang berbasis di Bandung untuk saling mendukung dan bertahan di masa pandemi Covid-19. Dalam kesempatan ini, Visval berkolaborasi bersama Abimanyu dan Indy Ratna dari Tim Jurnal Risa dengan meluncurkan seri produk Visval x Abimanyu dan Visval x Indy Ratna. 

Produk series Visval x Abimanyu dan Visval x Indy Ratna ini merupakan seri produk yang masing-masing terdiri dari Sling Bag, Waist Bag, dan Dopp Kit dengan tiga pilihan warna berbeda.  Menariknya, dalam setiap serinya menunjukkan karakter dan personalitas dari Abimanyu dan Indy Ratna.

Head of Commercial Visval, Zaim Qashmal menyampaikan, peluncuran seri produk ini merupakan salah satu usaha Visval bersama Abimanyu dan Indy Ratna dari tim Jurnal Risa, sebagai brand dan kreator asli Bandung untuk bisa menginspirasi kebangkitan brand lokal

"Kita sebagai entity lokal, dan Bandung adalah kota yang sangat kreatif, kita meyakini Bandung bisa menjadi barometer industri fesyen. Makanya kita yang bergerak di bidang ini bisa menegaskan, kita sebagai brand lokal bisa survise di tengah masa-masa ini," kata Zaim dalam konferensi pers peluncuran seri produk tas terbaru ini di Visval Offline Store Bandung, Rabu (11/11/2020). 

Zaim menuturkan, alasan Visval berkolaborasi bersama Abimanyu dan Indy Ratna dari Tim Jurnal Risa karena memiliki keresahan yang sama untuk meningkatkan geliat brand lokal asli Bandung. Kolaborasi ini juga diharapkan bisa menginspirasi UMKM, brand, serta kreator lokal lain untuk bahu-membahu, berkolaborasi, dan menciptakan sesuatu yang baru dan bisa bermanfaat serta menginspirasi masyarakat. 

Zaim juga mengatakan, visval akan terus meluncurkan produk-produk berkualitas  lainnya melalui kolaborasi dengan brand lokal lain sebagai satu usaha untuk bertahan dalam tantangan yang sama.

"Ini juga adalah satu alasan Visval sebagai UMKM dari Bandung bisa berkolaborasi dengan mereka dan pengin membuktikan bahwa brand lokal bisa berkontribusi dan punya impact," katanya.

Zaim juga mengakui, Produk kolaborasi ini menyesuaikan dengan karakter dari kedua konten kreator ini. Bahkan dalam kolaborasi ini, tim Visval mengeluarkan produk dengan pemilihan warna yang jarang digunakan.

"Tujuan utamanya untuk menginspirasi baik pengguna Visval atau orang yang memang menjadi follower mereka atau Jurnal Risa, sekaligus stretching agar lebih berkembang dan menginspirasi sesama brand lokal untuk semangat men-development produk mereka," katanya.

Di sisi lain, Zaim mengatakan, kolaborasi ini hanya dilakukan di tiga series produk lantaran Visval memiliki pasar yang cukup kuat di penjualan tas jenis Sling Bag, Waist Bag dan Dopp Kit. Apalagi, menurut Zaim, masyarakat masa kini cenderung lebih menyukai tas berukuran kecil karena terlihat sederhana dan tidak ribet.

"Kita memang coba cari sesuai yang baru tapi kita tetap mempertahankan identitas dari Visval. Berdasarkan pengalaman, kita punya strong point di tas-tas kecil, apalagi kita lihat sekarang kebutuhan untuk tas-tas kecil itu sangat tinggi," katanya.

Zaim juga menambahkan, brand lokal yang baru berusia 6 tahun itu memiliki segmentasi peminat dominan di kalangan anak muda. Lantaran, Visval cendurung bermain di shape-shape dan tone berani khas anak muda urban.

"Sebenernya kalau kita ngomongin dari sisi pembuatan produk hingga warna, segmentasi kita untuk semua kalangan. Tapi tidak bisa dipungkiri ada indentitas kuat dari pengguna kita yang banyaknya di anak muda. Meskipun berdasarkan riset saat ini kebutuhan tas lebih ke warna ataubtone cerah, baik muda atau tua. Mereka sekarang gaya pemilihan warnanya lebih berani," ujarnya.

Ketertarikan Jalin Kolaborasi

Sementara itu, Abimanyu, salah satu anggota dari tim Jurnal Risa mengaku Visval adalah salah satu brand lokal yang menarik perhatiannya karena dikenal dengan brand lokal yang didominasi desain vintage.

Selain itu, sebagai kreator lokal yang sama-sama berasal dari kota Bandung, Abimanyu mengakui, berkolaborasi bersama Visval menjadi hal yang baru dan sentimental baginya. Karenanya, Abimanyu mengaku merasa terdorong untuk mendukung kebangkitan brand lokal dalam menghadapi tantangan yang sama di masa pandemi ini. 

Dalam kolaborasi ini, produk seri Visval x Abimanyu dan Visval x Indy Ratna memiliki pilihan colorway dan desain yang berbeda sesuai dengan signature individu yang ingin ditampilkan.

Semisal, Abimanyu yang cenderung menyukai gaya vintage, memilih material kanvas dan desain multicolor yang memadukan skema warna earth tone seperti brick red dengan stone gray, gold olive dengan navy dan all black. Karenanya, Abimanyu berharap seri produk ini bisa merepresentasikan karakternya.

"Soal pemilihan warna juga kita prosesnya disebut singkat juga enggak, tiga bulan mempersiapkan ini semua," katanya.

Di lain pihak, kolaborasi produk ini menjadi hal yang baru bagi Indy Ratna dari tim Jurnal Risa. Indy mengatakan, melalui seri produk ini dirinya ingin berbagi inspirasi pada teman-teman sebayanya. 

Maklum, sebagai generasi milenial, Indy menjadi bagian generasi yang punya beragam ketertarikan dan juga energik. Karakter dan pribadi Indy pun terepresentasikan melalui desain seri produknya bersama Visval.

Dalam produk kolaborasi ini, karakteristik Indy ditonjolkan dengan pemilihan warna yang ceria dan energik. Karakter Indy pun diwakili paduan warna dengan skema soothing colors seperti sky blue dengan blossom, olive gray dengan terracotta dan ivory white dengan Celery, serta desain yang fun.

"Karena pada dasarnya aku suka warna yang colorfull. Pas ngobrol tentang produk kolaborasi ini dan pembuatannya, kalau bisa aku minta pemilihan warna yang terang dan eye catching," katanya.

Untuk keseharian, Indy juga mengaku lebih menyukai gaya tas yang simpel. Karenanya, seri produk kolaborasi yang terdiri dari Sling Bag, Waist Bag dan Dopp Kit itu sesuai dengan karakter seorang Indy Ratna.

"Daily juga aku suka pakai tas-tas kecil. Aku juga gak terlalu suka tas besar juga karena aku pikir pemakaian tas kecil itu sesuai kebutuhan aku yang sehari-hari juga gak bawa banyak barang," ujarnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers