web analytics
  

Imbas Covid-19 di Peternakan Cerpelai, Jadwal Sepakbola Eropa Menjadi Kacau

Selasa, 10 November 2020 18:34 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Umum - Internasional, Imbas Covid-19 di Peternakan Cerpelai, Jadwal Sepakbola Eropa Menjadi Kacau , jadwal Liga Inggris terbaru,jadwal liga inggris pekan ini,jadwal liga inggris 2021,Klasemen Liga Inggris

Hewan cepelai yang diduga menularkan virus mutasi kepada manusia. (Keven Law/Flickr)

LONDON, AYOBANDUNG.COM --Berita buruk datang dari timnas sepak bola Denmark yang terpaksa membatalkan rencananya mengikuti pertandingan akibat varian terbaru Covid-19 yang ditemukan di sejumlah peternakan cerpelai. 

Dikutip dari CNN pada Selasa (10/11/2020), delapan bintang Liga Premier atau Liga Utama Inggris, ikut terkena imbasnya.

Pada Sabtu lalu, Inggris melarang masuk para pelancong dari Denmark karena wabah tersebut. Warga negara Inggris dan pemegang visa diizinkan pulang dengan catatan harus karantina mandiri selama 14 hari.

Pemerintah Inggris menyatakan akan bertindak cepat menanggapi informasi dari otoritas kesehatan Denmark tentang adanya penyebaran virus corona (Covid-19) di peternakan cerpelai dengan jenis yang berbeda dan menulari komunitas lokal.

Panduan perjalanan yang semakin rumit itu mempengaruhi pertandingan sepak bola internasional, khususnya tim nasional Denmark.

Denmark dijadwalkan menjadi tuan rumah melawan Swedia dan Islandia pada Jumat (12/11/2020). Islandia pun akan melanjutkan perjalanan menuju Inggris sepulang dari Denmark untuk melawan tim Gareth Southgate di pertandingan terakhir babak penyisihan grup Nations League pada 18 November.

Berikut adalah pemain Liga Premier Denmark yang terkena imbas, yaitu Kasper Schmeichel dari Leicester City, pemain belakang atau bek Chelsea Andreas Christensen, Jonas Lossl dari Everton, Jannik Vestergaard dari Southampton, gelandang Tottenham Pierre-Emile Hojbjerg, sedangkan pemain internasional Swedia yang terdampak adalah bek Manchester United Victor Lindelof, Robin Olsen dari Everton dan Emil Krafth milik Newcastle.

Pemain Liga Premier lain yang terdampak dari Skotlandia yaitu bek Rangers Filip Helander, juga gelandang Watford di Championship, Ken Sema.

Namun, manajer tim nasional Swedia, Stefan Pettersson, menyatakan kwintet Swedia akan mengadakan seleksi untuk dua pertandingan lain yang melawan Kroasia dan Perancis.

Ini berakibat pada pertandingan Inggris melawan Islandia yang dijadwalkan di Stadion Wembley pekan depan berubah menjadi Islandia melawan Denmark di Copenhagen hari Minggu mendatang.

Direktur Asosiasi Sepak Bola Denmark (DBU) Jakob Jensen menyatakan bahwa situasi ini sangat disesalkan dan membuat frustasi. Akibatnya kepala pelatih, Kasper Hjulmand, terpaksa memanggil sembila pemain baru.

UEFA, badan sepak bola Eropa, mengatur protokol “Return to Play” – berkenaan dengan kewajiban medis dan organisasi khusus untuk tuan rumah pertandingan internasional – tetapi memberikan syarat untuk pemain, yang kembali ke grup, harus ditentukan oleh badan sepak bola domestik, asosiasi nasional dan otoritas lokal yang sah.

“UEFA biasa menghubungi Persatuan Sepak Bola Denmark, yang pada hari H, berkomunikasi dengan otoritas lokal, sementara pertandingan mendatang yang berlangsung di Denmark tetap dilaksanakan sesuai jadwal,” jelas UEFA pada CNN.

Peraturan baru yang disetujui Komite Eksekutif UEFA untuk pertandingan internasional menyatakan penjadwalan ulang untuk pertandingan yang batal dan penempatannya (ke tempat netral) akan ditetapkan UEFA.

Pertandingan yang tidak dapat dijadwal ulang akan ditanggung oleh negara yang membatalkan dan beresiko kehilangan pertandingan tersebut. Jika Badan Kontrol, Etika dan Disiplin UEFA mendapati kedua negara tidak bertanggung jawab maka pertandingan akan diundi.

Bahkan jika beberapa pemain dinyatakan terpapar Covid-19, pertandingan tetap berlangsung selama tim memiliki 13 pemain termasuk 1 kiper.

Setelah jeda internasional, pertandingan Liga Champions Liverpool melawan Denmark FC Midtjylland pada 9 Desember terancam batal. (Siti Nurul Fajriati/magang)

Editor: Andres Fatubun

terbaru

Korsel Ingin Capai Herd Immunity pada September

Internasional Rabu, 24 Februari 2021 | 23:43 WIB

Korea Selatan menargetkan untuk mencapai kekebalan komunitas (herd immunity) dari Covid-19 pada musim gugur, meskipun pr...

Umum - Internasional, Korsel Ingin Capai Herd Immunity pada September, Korea Selatan (Korsel),Herd Immunity,Covid-19 Korsel

Kerusuhan Penjara di Ekuador, 50 Tahanan Tewas

Internasional Rabu, 24 Februari 2021 | 10:32 WIB

Perselisihan antar-geng diyakini menjadi pemicu utama kerusuhan penjara di Ekuador

Umum - Internasional, Kerusuhan Penjara di Ekuador, 50 Tahanan Tewas, kerusuhan di tiga penjara di Ekuador,Perselisihan antar-geng,Presiden Ekuador Lenín Moreno,Guayaquil,Cuenca,Latacunga

Pegolf Tiger Woods Kecelakaan, Mobil Terguling ke Jurang

Internasional Rabu, 24 Februari 2021 | 06:59 WIB

ESPN melaporkan, mengutip polisi setempat, cedera yang dialami Woods diyakini tidak mengancam nyawanya.

Umum - Internasional, Pegolf Tiger Woods Kecelakaan, Mobil Terguling ke Jurang, Tiger Woods,Tiger Woods kecelakaan,Kecelakaan Tiger Woods

Nasib Muslim Rohingya Semakin Mencekam Setelah Kudeta Myanmar

Internasional Selasa, 23 Februari 2021 | 15:25 WIB

Para pengungsi cemas jika akan dipaksa dikembalikan ke Myanmar dan merasakan penganiayaan lebih lanjut.

Umum - Internasional, Nasib Muslim Rohingya Semakin Mencekam Setelah Kudeta Myanmar, Muslim Rohingya,Kudeta Militer Myanmar

Siapa El Chapo Guzman? Yang Istrinya Baru Saja Diciduk AS

Internasional Selasa, 23 Februari 2021 | 13:51 WIB

Banyak warga Meksiko, terutama di Badiraguato, Sinaloa, justru menganggap Joaquín Archivaldo Guzmán Loera (El Chapo) buk...

Umum - Internasional, Siapa El Chapo Guzman? Yang Istrinya Baru Saja Diciduk AS, El Chapo,Gembong Narkoba,Meksiko,Joaquín Archivaldo Guzmán Loera

Warganet Diringkus sebab Berkomentar Soal Bentrokan Cina-India

Internasional Selasa, 23 Februari 2021 | 12:02 WIB

Biro Keamanan Publik Nanjing mengeluarkan pernyataan yang mengatakan laki-laki yang nama depannya Qiu ditangkap pada 19...

Umum - Internasional, Warganet Diringkus sebab Berkomentar Soal Bentrokan Cina-India, Cina,India,Perbatasan,warganet

Lawan Amerika Serikat, Iran Tak Batasi Pengayaan Uranium-Nuklir

Internasional Selasa, 23 Februari 2021 | 11:43 WIB

Hal ini menegaskan bahwa Iran tidak akan pernah menyerah pada tekanan Amerika Serikat (AS) atas program nuklirnya. 

Umum - Internasional, Lawan Amerika Serikat, Iran Tak Batasi Pengayaan Uranium-Nuklir, Iran,Amerika Serikat,Nuklir,Uranium

Pertambangan Emas Ilegal Afghanistan Telan 4 Korban Jiwa

Internasional Selasa, 23 Februari 2021 | 11:20 WIB

Mereka, yang telah tewas tertimbun tanah longsor, ialah penambang emas ilegal.

Umum - Internasional, Pertambangan Emas Ilegal Afghanistan Telan 4 Korban Jiwa, Afghanistan,Penambangan emas,Ilegal
dewanpers