web analytics
  

12 Kebiasaan Baru di TPS Saat Pandemi

Selasa, 10 November 2020 18:09 WIB Heru Rukanda
Umum - Regional, 12 Kebiasaan Baru di TPS Saat Pandemi, Pilkada Serentak 2020,Pilkada Kabupaten Bandung 2020,Pilkada Kabupaten Bandung,Satgas Covid-19,Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo

Ilustrasi pemungutan Suara. (Ayobandung.com)

TASIK, AYOBANDUNG.COM -- Sebulan jelang perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Tasikmalaya 9 Desember 2020, Polresta Tasikmalaya telah menyiapkan personelnya untuk mengamankan hajat demokrasi 5 tahun tersebut.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Polsek Rajapolah Polresta Tasikmalaya yang melakukan penyuluhan pilkada damai dengan pemasangan spanduk suskeskan pilkada di tempat-tempat umum.

"Kami lakukan pemasangan spanduk suskseskan pilkada 2020 di pasar, terminal, dan tempat umum lainnya," ujar Kapolsek Rajapolah, AKP Dede Darmawan, Selasa (10/11/2020) seperti dikutip dari ayotasik.com

Dede menambahkan, disamping pemasangan spanduk, pihaknya juga memasang poster dan stiker sukseskan pilkada dan 12 Kebiasaan baru di TPS di kantor desa, kantor perbankan, atm, mini market, dan rumah makan.

"Tujuan pemasangan stiker sukseskan pilkada 2020 ini yaitu terwujudnya kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang pilkada tahun 2020, terciptanya kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam pilkada 2020, dan melaksanakan protokol kesehatan," ujar Dede.

Dede menjelaskan, ada 12 kebiasaan baru yang perlu diketahui masyarakat saat di TPS nanti, yaitu 

  1. Wajib memakai masker, 
  2. Menjaga jarak, 
  3. Mencuci tangan sebelum dan sesudah dari TPS, 
  4. Pemeriksaan suhu tubuh, 
  5. Menggunakan sarung tangan, 
  6. Memakai pelindung wajah, 
  7. Jumlah pemilih maksimal 500 per TPS, 
  8. Petugas KPPS menggunakan APD, 
  9. Waktu kedatangan pemilih diatur, 
  10. Disinfeksi rutin di TPS, 
  11. Tidak bersalaman, 
  12. Tinta tetes.

"Jadi pada pelaksanaan pencoblosan di TPS ada 12 kebiasaan baru dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 di TPS," ungkapnya.

Ia berharap, dengan imbauan dan pemasangan spanduk, stiker suskeskan pilkada 2020 dan pamplet 12 kebiasaan baru di TPS, masyarakat bisa lebih paham sehingga bisa menyalurkan hak pilihnya demi terciptanya pilkada yang aman, damai, dan sehat.

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers