web analytics
  

Pilkada dalam Suasana Pandemi Semakin Dekat, Pemda Tak Boleh Lengah 

Selasa, 10 November 2020 18:02 WIB Heru Rukanda
Umum - Regional, Pilkada dalam Suasana Pandemi Semakin Dekat, Pemda Tak Boleh Lengah , Pilkada Kabupaten Bandung 2020,Pilkada Kabupaten Bandung,Satgas Covid-19,Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo

Warga mengamati daftar pemilih dan calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung 2020 di Kampung Cilemer, Desa Lebakmuncang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Minggu (8/11/2020). Untuk menyukseskan dan meningkatkan partisipasi warga dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada 9 Desember 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung terus melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat hingga ke pelosok daerah. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

TASIK, AYOBANDUNG. COM – Pelaksanaan Pilkada serentak Kabupaten Tasikmalaya semakin dekat. Kurang dari 1 bulan, warga Kabupaten Tasikmalaya akan menggelar hajat besar yakni pesta demokrasi lima tahunan. Dengan semakin dekatnya perhelatan pilkada itu, pemerintah daerah semakin intens untuk mempersiapakannya sehubungan dengan pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Dikutip dari ayotasik.com, Pjs Bupati Tasikmalaya Hening Widiatmoko menjelaskan melalui rapat tim gugus tugas Covid-19, KPU harus memastikan petugas KPPS dan PPS di lapangan tidak terpapar Covid-19.

"Maka harus dilakukan rapid test, dan kami pemerintah daerah membahasnya apa saja yang bisa dibantu oleh pemerintah daerah terhadap pelaksanaan Pilkada nanti. Walaupun KPU sudah ada anggaran yang disiapkan," ungkap Hening, Selasa (10/11/2020).

Dari berbagai kesiapan yang dibahas, kata Hening, ada sesuatu yang belum disiapkan oleh KPU, yakni terkait anggaran ketika ada petugas penyelenggara pemilu di lapangan positif atau terpapar Covid-19. Bagaimana mengganti petugas tersebut, sementara waktu pelaksanaan semakin pendek.

"Kami akan terus koordinasi untuk mencari solusinya. Sebagai contoh dibangun komunikasi yang berjalan baik dalam menjaga kondusifitas jelang Pilkada Tasik. Selain KPU, termasuk Bawaslu juga dalam netralitas ASN selalu mengingatkan," terang Hening.
 

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers