web analytics
  

Geliat Ekonomi Pasar Rakyat Tingkat RT di Cisaranten Kulon

Selasa, 10 November 2020 08:15 WIB Netizen Joseph Sugeng Irianto
Netizen, Geliat Ekonomi Pasar Rakyat Tingkat RT di Cisaranten Kulon, Kecamatan Arcamanik,Pasar Rakyat,Joseph Sugeng Irianto

Acara Pasar Rakyat di area parkir Jodirexa Building, Kelurahan Cisaranten Kulon Arcamanik Kota Bandung. (Joseph Sugeng Iriyanto )

Joseph Sugeng Irianto

Penggiat industri wisata dan kuliner.

Sebelum matahari terbit sejumlah pedagang rumahan mulai menata lapak seukuran 2 x 2 meter di area sekira 400 meter persegi di RT 009 RW 011 Kelurahan Cisaranten Kulon Arcamanik Kota Bandung.

Pagi itu hari Minggu (8/11/2020), nampak keceriaan dan semangat mengais rezeki dari beberapa warga yang sudah terdaftar boleh berjualan.

Pasar Rakyat, demikian agenda kegiatan warga RT 009 RW 11 Cisaranten Kulon tersebut. Acara ini diinisiasi oleh beberapa warga sebagai respon terhadap dampak pandemi Covid – 19 yang belum juga berakhir.

“Tujuan diselenggarakan Pasar Rakyat ini untuk menggairahkan lagi perekonomian warga khususnya di RT 009 umumnya RW 011 Kelurahan Cisaranten Kulon,” ungkap Ketua Panitia, Witman Destriyadi.

Kegiatan ini tentunya dilaksanakan sesuai protokol kesehatan, antara lain seluruh pengunjung dan penjual wajib memakai masker, masuk area wajib cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, pengecekan suhu tubuh serta menjaga jarak.

Ketua RT 009 RW 011, Yudi Herdiansyah, menyambut baik inisiatif warga tersebut dan berkoordinasi dengan pengurus RW hingga kelurahan.

 “Pemaparan langsung dan proposal kegiatan dinilai baik dan memenuhi syarat, untuk itu Bapak RW dan Bapak Lurah menyetujui. Tapi sebagai Ketua RT saya tetap memantau di lapangan dan nampaknya sesuai dengan prosedur semuanya” pungkasnya.

Ketua Panitia, Witman, menuturkan bahwa kapasitas tempat penyelenggaraan disesuaikan dengan jumlah orang yang ada, artinya panitia hanya mengijinkan maksimal 40 orang penjual dan pembeli berada di dalam venue, dengan durasi maksimal 15 menit kunjungan dan harus keluar melalui pintu khusus dan diganti dengan pengunjung lainnya. Tidak ada dine in, panitia menyarankan take away dan MC / announcer terus menerus mengingatkan durasi kunjungan dan social distancing serta pemakaian masker.

Acara Pasar Rakyat yang baru pertama kali dilakukan ini  berlokasi di Jl Permata Permai XII/36, di area parkir Jodirexa Building. Jumlah  pedagang dibatasi hanya untuk 16 penjual yang merupakan warga RT 009. Sedangkan pengunjungnya berasal dari segenap warga RW 011 Kelurahan CIsaranten Kulon.

Tercatat omzet penjualan menembus angka belasan juta selama empat penjualan dari pukul 06.00 hingga 10.00 WIB. Catatan lainnya, 90% barang dagangan berupa kuliner, fashion, mainan anak sudah habis sebelum jam 09.00 WIB. Ini menunjukan bahwa UMKM semakin menggeliat.

“Acara Pasar Rakyat ini rencananya akan dilakukan setiap 2 minggu sekali, tentunya dengan konsep yang lebih menarik, seperti senam pagi bersama, penyuluhan bagi warga tentang covid-19 dan lainnya. Semuanya bertujuan untuk mengedukasi warga tentang indahnya kebersamaan, saling membantu, meningkatkan perekonomian khususnya,” cetus Witman.

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: Andres Fatubun
dewanpers