web analytics
  

JADWAL PENCAIRAN BLT TERMIN 2: Cek Rekening! Transfer Dibagi Jadi 5 Tahap

Selasa, 10 November 2020 06:14 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Umum - Nasional, JADWAL PENCAIRAN BLT TERMIN 2: Cek Rekening! Transfer Dibagi Jadi 5 Tahap, Pencairan BLT Termin 2,BSU Termin 2,Jadwal Pencairan BLT Termin 2,Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

[Ilustrasi] Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menjadwalkan penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) Rp1,2 juta untuk termin 2 pada minggu ini. Pencairan BLT termin 2 sama seperti sebelumnya, yakni dibagi menjadi 5 batch atau tahap. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menjadwalkan penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) Rp1,2 juta untuk termin 2 pada minggu ini. Pencairan BLT termin 2 sama seperti sebelumnya, yakni dibagi menjadi 5 batch atau tahap.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Ketenagakerjaan Soes Hindharno mengatakan, dana Rp1,2 juta untuk November dan Desember akan langsung ditransfer ke rekening pekerja.

“Ada 12,4 juta total rekening yang akan menerima BSU termin 2, tapi itu akan dibagi menjadi 5 batch seperti sebelumnya di termin 1,” ujar Soes dalam keterangannya saat peresmian BLK Komunitas di Mojokerto, Sabtu (7/11/2020).

Sebelumnya, penyaluran dijadwalkan paling lambat akhir minggu pertama November 2020, yakni Sabtu 7 November 2020. Namun, hal ini ditunda karena masih ada yang mendapatkan BLT tapi gajinya di atas Rp5 juta.

Pada termin 2 ini, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, pihaknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk proses lebih lanjut.

“Mungkin Senin, tapi semoga dalam minggu ini bisa segera terealisasikan. Data penerimanya yang dipadankan wajib pajak sudah kami terima Jumat. Tapi, karena sudah sore, kami masih berkonsultasi lebih lanjut dengan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) dan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi),” ujar Ida dalam keterangannya, Jumat (6/11/2020).

Pada pencairan BLT termin 2 ini, KPK merekomendasikan data penerima dipadankan dengan wajib pajak. Dengan padanan ini, data akan lebih tervalidasi.

Ida juga menyampaikan, padanan data tersebut telah diterima pihak BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek. Seharusnya, pada Jumat 6 November, datanya sudah bisa diserahkan oleh pihak BP Jamsostek.

"Kalau datanya sudah clean and clear, Kemnaker bisa lanjut ke proses selanjutnya, dan segera memproses transfernya," ungkapnya.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers