web analytics
  

Airlangga Jamin BLT Pekerja, KUR, Kartu Prakerja Lanjut hingga 2021

Senin, 9 November 2020 17:43 WIB Aini Tartinia
Umum - Nasional, Airlangga Jamin BLT Pekerja, KUR, Kartu Prakerja Lanjut hingga 2021, Airlangga Hartarto,Program Kartu Prakerja,Bantuan Langsung Tunai (BLT),Bantuan Subsidi Upah (BSU),Kredit Usaha Rakyat (KUR),Bantuan Covid-19,Bantuan Covid-19 2021

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (dok. Menko Perekonomian)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjamin, pemberian insentif dari pemerintah bakal dilanjutkan hingga 2021. Salah satunya, bantuan langsung tunai (BLT) atau bantuan subsidi upah (BSU) dan KUR (Kredit Usaha Rakyat).

“Terkait dengan pemulihan ekonomi, program KUR ataupun subsidi lainnya, nanti kami akan lanjutkan di kuartal I-2021,” ujar Airlangga dalam YouTube BNPB, Senin (9/11/2020).

Airlangga menyebutkan, program Kartu Prakerja juga bakal dilanjutkan. Hal ini dilakukan pemerintah guna mencegah pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat ekonomi nasional yang terkontraksi di tengah pandemi.

“Terkait dengan stimulus, kami sudah persiapkan jumlahnya di tahun ini dan tahun depan dengan tema yang sama. Baik itu prioritas kesehatan, perlindungan sosial, UMKM, koorporasi, dan juga Kementerian serta Lembaga,” kata Airlangga.

Airlangga mengaku optimistis pertumbuhan ekonomi di Indonesia bakal kembali naik dan semakin positif. Hal ini berdasarkan pertumbuhan kuartal II ke kuartal III positif 5,05%.

Dengan perbaikan kondisi perekonomian ini, dia berharap pada kuartal IV ekonomi domestik bisa kembali positif.

“Kalau kuartal IV bisa dipertahankan, maka kami harap pertumbuhan dapat masuk jalur positif. Walaupun secara konservatif minus 1% atau positif 0,6% apa yang dilakukan pemerintah udah jalur benar atau on the track,” ujarnya.

Tahun depan, dia optimistis ekonomi semakin pulih ke arah pertumbuhan rata-rata tahunan selama ini, yakni 5% seperti yang diproyeksikan berbagai lembaga internasional.

"Kami melihat 2021 pertumbuhan akan mencapai seperti apa yang disampaikan World Bank, ADB, IMF bahwa pertumbuhan ekonomi di sekitar 5 persen," kata Airlangga.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers