web analytics
  

Kecamatan Coblong, Wilayah dan Penduduknya Terkini

Senin, 9 November 2020 12:56 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bandung Raya - Bandung, Kecamatan Coblong, Wilayah dan Penduduknya Terkini, Kecamatan Coblong, Wilayah dan Penduduknya Terkini,Kecamatan Coblong,Camat Coblong,Coblong Bandung

Sejumlah pengujung sedang melihat harimau di Bandung Zoo, Jalan Kebun Binatang, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jumat (30/10/20). (ayobandung)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Kecamatan Coblong" class="related-tag text-orange">Kecamatan Coblong merupakan kecamatan yang berada di kawasan pusat Kota Bandung dan termasuk dalam dataran tinggi.

Coblong memiliki luas wilayah 7,42 kilometer persegi yang terdiri dari enam kelurahan, yaitu Cipaganti, Lebak Siliwangi, Lebak Gede, Sadang Serang, Sekeloa, dan Dago. Cipaganti merupakan kelurahan paling kecil dengan luas 0,34 kilometer persegi. Sedangkan yang paling luas adalah Dago, 2,57 kilometer persegi.

Berdasarkan data dalam Angka 2020 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung, Kecamatan Coblong" class="related-tag text-orange">Kecamatan Coblong berada di ketinggian antara 742-812 meter di atas permukaan air laut.

Secara administratif, Coblong memiliki 75 Rukun Warga (RW) dan 462 Rukun Tetangga (RT).

Jumlah penduduk Coblong per semester II tahun 2019, sebesar 114.163. Dengan jumlah laki-laki sebesar 57.446 dan perempuan 56.717. Dago memiliki jumlah penduduk terbanyak (34.295) dan Lebak Siliwangi paling sedikit (3.977).

Pendidikan dan Kesehatan

Penduduk Coblong menurut usia sekolah per Semester II 2019 terbanyak berada pada kelompok usia 7-12 tahun atau sekolah dasar dengan jumlah 11.465 orang. Diikuti usia 0-3 (6.091), 13-15 (5.576), 4-6 (5.544), 19-21 (5.138), dan terakhir 16-18 (4.467).

Jumlah sekolah dasar yang berada di Coblong  per 2019 sebanyak 24, terdiri dari 14 SD negeri dan 10 swasta, serta dua madrasah ibtidaiyah swasta. 

Untuk jenjang SMP, terdapat 13 unit sekolah yang terdiri dari dua SMP Negeri dan 11 swasta. 

Sedangkan untuk tingkat SMA, terdapat 13 sekolah sekolah, terdiri dari tiga negeri dan 10 swasta. 

Di level pendidikan tinggi, terdapat dua empat lembaga pendidikan yang dikelola negeri dan empat oleh swasta. Dua institusi pendidikan ternama negeri antara lain adalah ITB dan Unpad. 

Terkait layanan kesehatan di Coblong, terdapat lima rumah sakit, 10 poliklinik atau balai pengobatan, empat puskesmas, dan 11 apotek.

Sebagai kawasan yang didominasi oleh perkantoran, bisnis, dan pusat pendidikan, di Coblong terdapat 20 bank umumpemerintah, sembilan bank swasta, dan 12 koperasi simpan pinjam.

Bandung Zoo

Di Kecamatan Coblong" class="related-tag text-orange">Kecamatan Coblong terdapat destinasi wisata favorit warga Kota Bandung dan luar kota, yaitu Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo. Disitat dari laman resminya, Bandung Zoo menempati lahan seluas 14 hektare dan memiliki sedikitnya 800 individu dari kelas mamalia, aves, reptil & ikan.

Bandung Zoo sudah sejak lama menjadi tujuan wisata favorit terutama pada waktu libur sekolah dan libur lebaran. Selain berfungsi untuk tempat rekreasi Bandung Zoo pun menjadi lokasi pendidikan dan penelitian.

Sebagai wahana rekreasi, pengunjung bisa berinterkasi dengan koleksi satwa, Tak cuma itu, pengunjung pun dapat menunggangi sejumlah satwa seperti unta, gajah, dan kuda serta pertunjukkan satwa Burung kakatua koki, burung macaw biru kuning, burung rangkong badak, binturong, anjing pudel, dan marmut.

Per 27 Juni Bandung Zoo kembali membuka operasionalnya setelah hampir tiga bulan tutup akibat pandemi. Sesuai aturan, dibukanya salah satu ikon wisata Kota Bandung juga dilengkapi dengan penerapan protokol kesehatan.

Protokol tersebut diterapkan sejak dari gerbang masuk. Pengunjung yang akan masuk terlebih dahulu diminta untuk cuci tangan di tempat yang telah tersedia.

Kemudian, satpam akan memberiksa suhu tubuh setiap pengujung. Seluruh pengunjung harus mengenakan masker dan tidak boleh berada dalam kondisi sakit.

Area antrean tiket masuk pun telah ditandai dengan stiker jaga jarak antarorang. Di beberapa titik area ticketing juga disediakan hand sanitizer.

Di luar kandang setiap hewan telah disediakan penanda untuk pengunjung agar tidak saling berdekatan ketika melihat hewan. Setiap bangku pun telah ditandai agar physical distancing terlaksana.

Humas Bandung Zoo Aan Sulhan mengatakan, pihaknya telah menyediakan 15 wastafel yang tersebar di berbagai titik. Ia juga menyebut tempat wisata tersebut telah memenuhi standar protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah Kota Bandung.

Hampir seluruh wahana dan area food court di Bandung Zoo terpantau belum beroperasi. Jumlah pengunjung yang diperbolehkan masuk dalam waktu yang bersamaan pun dibatasi.

Editor: Andres Fatubun

terbaru

Aksi Begal di Depan Festival Citylink Terekam CCTV 

Bandung Jumat, 16 April 2021 | 23:23 WIB

Aksi pembegalan terekam CCTV di Jalan Peta, tepatnya di depan Mall Festival Citylink pada hari Kamis, 15 April 2021. Kor...

Bandung Raya - Bandung, Aksi Begal di Depan Festival Citylink Terekam CCTV , Begal Bandung,Begal di Depan Festival Citylink,Begal Kota Bandung,berita kriminal bandung,Begal Terekam CCTV

Ridwan Kamil Larang ASN Jabar Mudik Idulfitri 2021

Bandung Jumat, 16 April 2021 | 22:51 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemda Provinsi Jabar mudik pada Idul...

Bandung Raya - Bandung, Ridwan Kamil Larang ASN Jabar Mudik Idulfitri 2021, ASN Jabar,ASN Jabar Dilarang Mudik,Gubernur Jabar Ridwan Kamil,Larangan Mudik,Mudik Idulfitri 2021

PWI dan IKWI Kota Bandung Bagikan Nasi Dus di Jalan Ahmad Yani

Bandung Jumat, 16 April 2021 | 22:02 WIB

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kota Bandung membagikan nasi dus bagi m...

Bandung Raya - Bandung, PWI dan IKWI Kota Bandung Bagikan Nasi Dus di Jalan Ahmad Yani, PWI Kota Bandung,IKWI Kota Bandung,Ramadan

Ngabuburit di Rel Kereta Api Bisa Didenda Rp15 Juta

Bandung Jumat, 16 April 2021 | 21:12 WIB

Di perlintasan dekat Stasiun Kiaracondong, warga nongkrong di area rel kereta api yang seharusnya tidak boleh dimasuki.

Bandung Raya - Bandung, Ngabuburit di Rel Kereta Api Bisa Didenda Rp15 Juta, Denda Ngabuburit di Rel Kereta,Ngabuburit di Rel Kereta Api Kiaracondong,Ngabuburit di Rel Kereta Api

Berbahaya! Warga Ngabuburit di Rel Kereta Api Kiaracondong

Bandung Jumat, 16 April 2021 | 21:02 WIB

Meski beberapa hari lalu terjadi kecelakaan pengendara motor di perlintasan kereta api Kiaracondong, warga tetap berkeru...

Bandung Raya - Bandung, Berbahaya! Warga Ngabuburit di Rel Kereta Api Kiaracondong, Ngabuburit di Rel Kereta Api,Ngabuburit Ramadan,Rel Kereta Api Kiaracondong

Pemkot Bandung Siap Populerkan Olahraga Dayung

Bandung Jumat, 16 April 2021 | 19:24 WIB

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendukung pembinaan berbagai cabang olahraga (cabor) termasuk dayung. Terlebih jika cab...

Bandung Raya - Bandung, Pemkot Bandung Siap Populerkan Olahraga Dayung, Pemkot Bandung,Olahraga Dayung,PODSI Kota Bandung

Cuaca Ekstrem Diperkirakan Masih Landa Bandung Raya hingga Akhir April

Bandung Jumat, 16 April 2021 | 19:18 WIB

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, kejadian cuaca ekstrem itu dapat berupa hujan lebat hingga hujan es yang di...

Bandung Raya - Bandung, Cuaca Ekstrem Diperkirakan Masih Landa Bandung Raya hingga Akhir April, cuaca ekstrem 2021,cuaca ekstreme Bandung,Cuaca Bandung Hari Ini,Cuaca Bandung,cuaca Bandung BMKG,Prakiraan Cuaca Bandung,BMKG

Stok Darah Mulai Menipis, Begini Solusi dari PMI Kota Bandung

Bandung Jumat, 16 April 2021 | 17:20 WIB

Jumlah permintaan darah berbanding terbalik dengan jumlah donor yang menurun ketika Ramadan.

Bandung Raya - Bandung, Stok Darah Mulai Menipis, Begini Solusi dari PMI Kota Bandung, Stok Darah Mulai Menipis,PMI Kota Bandung,layanan jemput bola,Ketua PMI Kota Bandung Ade Koesjanto,Unit Transfusi Darah (UTD)
dewanpers