web analytics
  

Jangan Lakukan 5 Hal Ini agar Tidur Nyenyak dan Tidak Insomnia

Senin, 9 November 2020 08:41 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Jangan Lakukan 5 Hal Ini agar Tidur Nyenyak dan Tidak Insomnia, Tidur Nyenyak,Insomnia,masalah tidur,Tips Kesehatan

[Ilustrasi] Tidur yang cukup sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Namun, masalah tidur seperti insomnia dan sulit tidur nyenyak kerap dialami setiap orang. Lantas, bagaimana solusinya? (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Tidur yang cukup sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Namun, masalah tidur seperti insomnia dan sulit tidur nyenyak kerap dialami setiap orang. Lantas, bagaimana solusinya?

Melansir Huffpost, berikut beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan sebelum tidur agar bisa tidur nyenyak dan tidak insomnia.

1. Jangan Nonton atau Baca Berita

Meskipun malam hari sepertinya waktu yang tepat untuk mengetahui informasi terbaru tentang berbagai hal, namun Anda perlu berusaha menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan kecemasan sebelum tidur termasuk membaca atau menonton berita.

Berita dalam beberapa hal membuat orang terjaga hingga larut malam seperti halnya film horor. "Gambar dan informasi tentang kekerasan atau ketakutan merangsang pikiran Anda sehingga mencegah Anda relaks dan tertidur," kata Raj Dasgupta, profesor kedokteran klinis di Fakultas Kedokteran Keck Universitas California Selatan.

2. Hindari Bekerja di Atas Tempat Tidur

Saat pandemi Covid-19, banyak pekerjaan yang harus dikerjakan di rumah. Saat Anda melakukan lebih banyak aktivitas yang merangsang mental di tempat tidur seperti bekerja, maka otak perlahan-lahan mengembangkan asosiasi psikologis bahwa tempat tidur menjadi tempat untuk tetap terjaga daripada tidur.

Hal ini dapat memicu orang untuk mengembangkan insomnia.

3. Olahraga

Olahraga di pagi hari atau siang hari dapat membantu memperbaiki gejala insomnia di malam hari. Namun, berolahraga di malam hari dengan tujuan melelahkan diri justru membuat lebih sulit untuk tertidur.

4. Hindari Berargumen

Sebelum tidur, berusahalah untuk menghindari percakapan yang memanas atau pertengkaran dengan pasangan. Kemarahan adalah penghambat besar untuk tertidur dan membuat Anda tetap terjaga.

5. Konsumsi Kafein

Anupama Ramalingam, dokter pengobatan tidur di Insomnia and Sleep Institute of Arizona menyarankan menghindari mengonsumsi minuman berkafein setelah pukul 2 siang.

"Minuman berkafein termasuk kopi, soda, es teh atau minuman berenergi bertindak sebagai stimulan yang menghambat tidur," kata Ramalingam.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers