web analytics
  

Tetap Waspada! Perubahan Cuaca Tak Hentikan Penyebaran Corona

Senin, 9 November 2020 07:37 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Tetap Waspada! Perubahan Cuaca Tak Hentikan Penyebaran Corona, Penyebaran Corona,Corona,Pandemi Corona,Virus Corona

[Ilustrasi] Meski angka positif Covid-19 di Jabar meningkat, kabar baiknya 555 orang sembuh dari Covid-19 dalam sehari. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Cuaca tak berpengaruh secara signifikan pada penyebaran virus corona Covid-19. Hal ini dinyatakan dalam penelitian yang dipimpin oleh The University of Texas di Austin.

Melansir dari Medical Xpress, penelitian tersebut menunjukkan bahwa suhu dan kelembapan tidak memainkan peran penting dalam penyebaran virus corona.

"Pengaruh cuaca rendah dan fitur lain seperti mobilitas memiliki dampak yang lebih besar daripada cuaca," kata Dev Niyogi, profesor di Sekolah Geosains Jackson UT Austin dan Sekolah Teknik Cockrell yang memimpin penelitian.

"Cuaca adalah salah satu parameter terakhir dalam pengaruhnya terhadap penyebaran virus corona Covid-19," tuturnya.

Penelitian ini diterbitkan di International Journal of Environmental Research and Public Health pada 26 Oktober 2020.

Sebaliknya, peneliti menunjukkan bahwa perilaku dan mobilitas manusia lebih berpengaruh pada penyebaran Covid-19. Para peneliti menegaskan, melakukan perjalanan dan menghabiskan waktu di luar rumah adalah dua faktor utama yang berkontribusi terhadap pertumbuhan Covid-19.

Dua faktor penting berikutnya yang memengaruhi virus corona Covid-19 adalah populasi dan kepadatan perkotaan.

"Kita seharusnya tidak menganggap cuaca dan iklim sebagai masalah," kata Sajad Jamshidi, asisten peneliti di Purdue University.

"Kita harus mengambil tindakan pencegahan pribadi, waspada saja terhadap faktor-faktor penularan terutama di perkotaan," katanya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers