web analytics
  

Besok Senin, Jangan Susah Tidur! Begini Tips Atasi Insomnia

Minggu, 8 November 2020 15:29 WIB Ananda Muhammad Firdaus
Gaya Hidup - Sehat, Besok Senin, Jangan Susah Tidur! Begini Tips Atasi Insomnia, Insomnia,Gangguan Tidur,senin

Ilustrasi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Insomnia adalah gangguan tidur umum yang menyulitkan penderita untuk tertidur. Jika mencari solusinya, salah satu obat alami untuk meningkatkan kualitas tidur adalah melakukan akupresur 15 menit sebelum tidur.

Akupresur melibatkan penggunaan sentuhan fisik untuk merangsang titik-titik tekanan yang sesuai dengan berbagai aspek kesehatan fisik dan mental.

Meskipun akupresur biasanya dilakukan oleh seorang profesional, Anda juga dapat mencoba merangsang titik-titik tekanan sendiri. Berikut liima titik tekanan yang dapat membantu Anda tertidur dilansir dari Healthline.

1. Spirit gate

Titik ini terletak di lipatan di pergelangan tangan luar Anda, di bawah jari kelingking.

Untuk mengobati insomnia, pertama rasakan ruang kecil berlubang di area ini dan berikan tekanan lembut dengan gerakan memutar atau naik-turun. Lanjutkan selama dua hingga tiga menit.
 
Selanjutnya tahan sisi kiri titik dengan menekannya secara lembut selama beberapa detik, lalu tahan sisi kanan. Ulangi di area yang sama dengan pergelangan tangan Anda yang lain.

Merangsang titik ini bermanfaat untuk menenangkan pikiran yang dapat membantu Anda tertidur.

2. Inner frontier gate

Titik ini ditemukan di lengan bawah bagian dalam di antara dua tendon. Untuk mengatasi insomnia, balikkan tangan Anda sehingga telapak tangan menghadap ke atas.

Ambil satu tangan dan hitung lebar tiga jari dari lipatan pergelangan tangan Anda. Berikan tekanan ke bawah yang stabil di titik ini. Gunakan gerakan melingkar atau naik-turun untuk memijat area tersebut selama empat hingga lima detik.

Selain membantu Anda tidur, titik ini juga dikaitkan dengan mengurangi rasa mual, sakit perut, dan sakit kepala.

3. Wind Pool

Titik ini terletak di belakang leher. Anda dapat menemukannya dengan merasakan tulang mastoid di belakang telinga. Susuri ke atas hingga menemukan lekukan tepat di bawah kepala.

Untuk mengobati insomnia, genggam kedua tangan dengan jari-jari saling bertautan lalu buka sedikit. Gunakan ibu jari Anda untuk memberikan tekanan, gunakan gerakan melingkar atau naik-turun selama empat hingga lima detik. Tarik napas dalam-dalam saat memijat area tersebut.

Merangsang titik ini dapat membantu mengurangi gejala pernapasan, seperti batuk, yang sering mengganggu tidur. Ini juga terkait dengan mengurangi stres dan menenangkan pikiran.

4. Bubbling Spring

Titik ini terletak di telapak kaki, tepatnya di lekukan kecil yang muncul tepat di atas bagian tengah kaki saat jari-jari kaki menekuk ke dalam.

Untuk mengatasi insomnia, pertama berbaring telentang dengan lutut ditekuk sehingga Anda bisa meraih kaki dengan tangan. Ambil satu kaki dengan tangan dan tekuk jari-jari kaki Anda.

Rasakan lekukan di telapak kaki Anda. Berikan tekanan kuat dan pijat titik ini selama beberapa menit dengan gerakan memutar atau naik-turun.

5. Three yin intersection

Titik ini terletak di kaki bagian dalam, tepat di atas pergelangan kaki Anda. Pertama, temukan titik tertinggi di pergelangan kaki Anda. Di atasnya, buat jarak selebar empat jari.

Berikan tekanan sedikit di belakang tulang kaki bagian bawah (tibia) Anda. Pijat dengan gerakan melingkar atau naik-turun selama empat hingga lima detik.

Selain membantu insomnia, titik tekanan ini juga membantu mengatasi gangguan panggul dan kram menstruasi. Namun, jangan gunakan titik tekan ini jika Anda sedang hamil, karena terkait dengan induksi persalinan. (Ventriana Berlyanti)

​​​

Editor: Ananda Muhammad Firdaus
dewanpers