web analytics
  

Jarang Dicoba, Pisang Ternyata Bisa Jadi Solusi Masalah Rambut

Minggu, 8 November 2020 14:27 WIB Ananda Muhammad Firdaus
Gaya Hidup - Sehat, Jarang Dicoba, Pisang Ternyata Bisa Jadi Solusi Masalah Rambut, Manfaat Pisang,masker pisang,rambut

Pisang (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Pisang adalah buah-buahan segar, kaya nutrisi, dan rasanya juga enak. Namun, tahukah Anda jika pisang dapat meningkatkan tekstur, ketebalan, dan kilau rambut?

Pisang mengandung silika, elemen mineral yang membantu tubuh mensintesis kolagen dan dapat membuat rambut lebih kuat dan tebal. Pisang juga memiliki sifat antimikroba yang dapat menyembuhkan kulit kepala yang mengelupas dan kering, meredakan gejala ketombe.

Untuk mendapatkan manfaatnya, pisang telah menjadi bahan populer dalam masker rambut do it yourself (DIY) atau buatan sendiri. Berikut manfaat masker rambut pisang dirangkum dari Healthline.

Masker Rambut Pisang untuk Rambut Kusut

Masker pisang dapat membantu mengatasi rambut yang kusut karena kandungan silika yang tinggi dalam pisang. Silika diserap oleh tubuh untuk menghasilkan kolagen, protein yang merupakan bahan penyusun rambut yang sehat.

Silikon, yang terkait dengan silika, kerap ada dalam kandungan kondisioner rambut untuk memberikan kilau lembut dan tebal pada rambut.

Masker Rambut Pisang untuk Ketombe

Selama berabad-abad, kulit, daun, bunga, dan buah pisang telah digunakan dalam budaya yang berbeda sebagai pengobatan untuk berbagai penyakit. Ekstrak dari berbagai bagian pisang memang memiliki sifat antioksidan dan antibakteri.

Gejala ketombe sendiri bisa disebabkan oleh iritasi, kekeringan, serta jamur dan bakteri patogen. Mengaplikasikan masker pisang ke kulit kepala, dapat menambah kelembapan. Selain itu, masker pisang dapat membersihkan kulit kepala dari penyebab mikroskopis yang menyebabkan gejala ketombe.

Masker Rambut Pisang untuk Pertumbuhan Rambut

Antioksidan dalam pisang dapat membuat kulit kepala dan rambut memiliki sistem pertahanan yang lebih kuat dan mengurangi stres oksidatif. Stres ini adalah penyebab utama rambut terlihat rapuh dan menua. Penggunaan masker pisang dalam jangka lama, mampu mendorong folikel rambut menjadi lebih kuat, akibatnya rambut tumbuh lebih panjang.

Namun, perlu diperhatikan kembali penggunaan masker ini jika Anda memiliki alergi terhadap pisang. Alergi pisang, juga disebut alergi buah lateks, dapat terjadi. Orang yang memiliki alergi buah lateks harus menghindari pengaplikasian pisang secara topikal ke rambut mereka.

Anda juga harus berhati-hati saat membilas masker pisang dari rambut. Masker harus dibilas bersih sepenuhnya. Kalau tidak, sisa masker pisang yang tertinggal di kulit kepala bisa menyebabkan iritasi bahkan dapat memperburuk gejala ketombe. (Ventriana Berlyanti)

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers