web analytics
  

Presiden Jokowi Sampaikan Selamat Menang kepada Biden-Harris

Minggu, 8 November 2020 14:06 WIB
Umum - Nasional, Presiden Jokowi Sampaikan Selamat Menang kepada Biden-Harris, Joe Biden,Presiden Jokowi,Indonesia Amerika

Presiden Jokowi dengan Joe Biden. (instagram/@jokowi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Presiden Joko Widodo memberi selamat untuk Joe Biden dan Kamala Harris yang telah memenangkan Pilpres Amerika Serikat (AS) tahun 2020. Harapannya, hubungan Indonesia dan AS semakin erat.

Ucapan selamat Jokowi kepada Joe Biden dan Kamala Harris ia sampaikan melalui laman Instagram @jokowi.

Dalam unggahannya, Jokowi juga menyertakan foto dirinya tengah berjabat tangan sembari tersenyum lebar dengan Joe Biden dalam lawatannya ke Naval Observatory, Washington DC pada 27 Oktober 2015. Di mana kala itu, Biden menjabat sebagai Wapres dari Presiden AS Barrack Obama.

"My warmest congratulations @JoeBiden and @KamalaHarris on your historic election. The huge turn out is a reflection of the hope placed on democracy," tulis Jokowi di Instagram.

"Look forward to work closely with you in strengthening Indonesia-US strategic partnership and pushing forward our cooperation on economy, democracy and multilateralism for the benefit of our two people and beyond," sambung Jokowi.

Tak hanya Jokowi, sejumlah pemimpin dari Asia juga lebih dulu telah mengucapkan selamat atas kemenangan Joe Biden atas Donald Trump di Pilpres AS 2020. Seperti dari India, Jepang hingga negara tetangga Malaysia.

Sejumlah pemimpin dari sekutu AS juga menyampaikan ucapan selamat.

Jerman, Kanada, dan Prancis, yang memiliki hubungan renggang dengan pemerintahan Trump meski merupakan mitra G7 dan NATO, merupakan di antara negara-negara pertama yang mengakui kemenangan Biden, tak lama setelah jaringan televisi AS mengumumkan kabar tersebut.

"Saya menantikan kerja sama ke depannya dengan Presiden Biden," tulis Kanselir Jerman Angela Merkel di Twitter.

"Persahabatan trans-Atlantik kita tak tergantikan jika kita ingin menguasai tantangan yang luar biasa di zaman kita," sambungnya sebagaimana dilansir Antara dari Reuters, Minggu.

Biden unggul dengan perolehan suara Electoral College 273 dibanding 214 dalam pemungutan suara Electoral College negara bagian demi negara bagian yang menentukan pemenang, setelah memenangkan 20 suara elektoral Pennsylvania yang menempatkan perolehan suaranya di atas 270, angka yang dibutuhkan untuk mengamankan kursi kepresidenan, menurut Edison Research.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Sumber: Suara.com
Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers