web analytics
  

Turunkan Berat Hanya 5%, Manfaatnya Terasa sampai Masalah Ranjang

Minggu, 8 November 2020 12:07 WIB Ananda Muhammad Firdaus
Gaya Hidup - Sehat, Turunkan Berat Hanya 5%, Manfaatnya Terasa sampai Masalah Ranjang, turunkan berat badan,Diabetes,jantung,stroke,tidur,seks

Dorongan seks dipercaya semakin tinggi saat Anda menurunkan berat badan. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Menurunkan berat badan tak hanya berdampak pada penampilan semata. Dengan melakukan itu, segudang manfaat baru bisa dirasakan oleh tubuh, bahkan ketika hitungan turun berat terbilang kecil.

"Tetapi Anda tidak perlu menurunkan berat badan satu ton untuk merasakan manfaat kesehatan," kata Mir Ali, MD, seorang ahli bedah bariatrik dan direktur medis dari MemorialCare Surgical Weight Loss Center di Orange Coast Medical Center pada Insider, diberitakan Himedik.

Menurut penelitian, kehilangan sedikitnya 5 persen dari berat badan Anda dapat meningkatkan berbagai kondisi kesehatan.

Melansir dari Insider, berikut lima manfaat kesehatan yang didapatkan jika Anda berhasil menurunkan berat badan, antara lain:

1. Bantu Kontrol Diabetes

Penurunan berat badan mengurangi jaringan adiposa yang memungkinkan tubuh mengelola gula darah dengan lebih efektif. Dalam hal ini, Anda hanya perlu menurunkan sekitar 5 persen berat badan Anda.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menurunkan berat badan dapat meningkatkan kesehatan jantung di mana dapat mengurangi tekanan pada arteri. Hal ini yang akan membuat jantung tidak harus bekerja sekuat tenaga untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

3. Menurunnya Risiko Stroke

Berat badan berlebih bisa meningkatkan tekanan darah, sehingga meningkatkan pula risiko terkena stroke. Hal ini disebabkan karena tekanan darah tinggi memberi tekanan pada pembuluh darah.

"Menurunkan berat badan membantu meningkatkan efisiensi jantung karena pembuluh darah yang kurang menyempit," kata Pusalkar.

4. Tidur Lebih Nyenyak

Orang yang kelebihan berat badan lebih cenderung menderita apnea tidur, kelainan yang ditandai dengan gangguan pernapasan saat tidur. Berat badan dapat meningkatkan timbunan lemak di leher yang dapat menghalangi saluran udara.

5. Dorongan Seks Lebih Tinggi

Penambahan berat badan telah terbukti meningkatkan kadar globulin pengikat hormon seks (SHBG) dalam darah Anda. Ini dapat menurunkan kadar testosteron gratis dan menurunkan libido.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers