web analytics
  

Berani Ambil Risiko, Wanita Muda Indramayu Buka Usaha Kamar Kos di Masa Pandemi

Sabtu, 7 November 2020 14:36 WIB Erika Lia
Umum - Regional, Berani Ambil Risiko, Wanita Muda Indramayu Buka Usaha Kamar Kos di Masa Pandemi , Ekonomi & Bisnis,bisnis,indramayu,koskosan,bisnis koskosan,bisnis untung,cari usaha,ide bisnis menguntungkan

Poppy Karisma Lestya Rahayu (23) di salah satu sudut D'Modern Kos yang dibukanya di tengah pandemi Covid-19. (Ayocirebon/Erika)

INDRAMAYU, AYOBANDUNG.COM -- Di tengah pandemi Covid-19, seorang perempuan muda nan ayu dengan berani menantang risiko dengan membuka usaha baru. Buah manis pun dipetiknya, wabah seolah bukan masalah.

Di Jalan Mayor Dasuki, Desa Penganjang, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Poppy Karisma Lestya Rahayu (23) membuka usaha kamar kos selama 3 Minggu terakhir. Bukan sekedar kamar, fasilitas kos yang dinamainya D'Modern Kos itu layaknya hotel.

Gaya kos-kosan seperti yang disediakan Poppy terbilang baru di Kabupaten Indramayu. Dengan total 49 kamar, Poppy membaginya ke dalam beberapa kelas, mulai ekonomi, VIP, VVIP, hingga Super VVIP.

Di luar kelas ekonomi, fasilitas kamar dilengkapi televisi, AC, kamar mandi dengan shower, dan dapur. Khusus kelas ekonomi, AC digantikan kipas angin dan kamar mandi tanpa shower.

"Alhamdulillah, sejak dibuka sampai sekarang, (kamar) sudah penuh terisi," ujarnya.

Usaha kos yang dijalaninya bermula ketika dirinya memiliki tanah di tempat D'Modern Kos berdiri sekarang.

Sepengamatannya, bisnis kos terhitung menjanjikan mengingat area sekitar strategis sebab berdekatan dengan perkantoran dan pusat pendidikan di Kabupaten Indramayu.

Ibu 2 anak asal Nganjuk, Jawa Timur ini mengaku, menyukai tantangan dalam berbisnis. Sebelum menggeluti usaha kos, perempuan yang menikah muda pada usia 18 tahun dengan seorang pria asal Kabupaten Indramayu itu diketahui sudah lebih dulu berkecimpung sebagai pelaku e-commerce (online shop).

Dari aktivitasnya itu, Poppy mengaku bisa menabungkan sebagian keuntungannya sebelum kemudian membeli tanah untuk membangun rumah kos. D'Modern Kos sendiri dibanderol harga mulai Rp500.000 sampai Rp1,8 juta per bulan.

Sebelum memetik buah manis seperti sekarang, dia sempat terkendala saat membangun rumah kos. Salah satu pengalamannya ketika Poppy harus berhadapan dengan preman.

"Tapi, banyak orang yang mendukung sehingga rumah kos ini akhirnya terwujud," cetusnya dengan nada lega dan penuh syukur.

Poppy mengemukakan niatnya untuk terus berbisnis di beragam bidang. Baginya, berbisnis saat muda akan membantunya memiliki hidup lebih baik kala usia senja.

Tak hanya dirinya, hasil yang dia peroleh pun dipastikannya akan bermanfaat bagi keturunannya kelak. Maka, selain D'Modern Kos, dia pun berencana membuka rumah kos lain.

"Insya Allah klinik kecantikan juga," tambahnya.

Di sela kesibukannya berbisnis, Poppy pun berusaha memperkuat ilmunya dengan kembali kuliah. Selepas SMA, dia mengaku langsung menikah sehingga tak sempat menikmati bangku kuliah.

Dia berharap, ilmu yang dijajakinya kini akan bermanfaat pada bidang digelutinya.

Editor: Arditya Pramono

artikel terkait

dewanpers