web analytics
  

Serunya River Tubing di Sungai Cikalang Kota Tasikmalaya

Jumat, 6 November 2020 20:51 WIB Heru Rukanda
Umum - Regional, Serunya River Tubing di Sungai Cikalang Kota Tasikmalaya, River Tubing,Sungai Cikalang,Kota Tasikmalaya,Wisata Tasikmalaya

River Tubing di Sungai Cikalang Kota Tasikmalaya. (Heru Rukanda)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Kota Tasikmalaya merupakan kota di Priangan Timur (Priatim) Jawa Barat (Jabar) yang sedang berkembang. Banyak potensi yang bisa digali dari kota berjuluk kota santri ini.

Salah satu potensi yang bisa digali yaitu dari potensi wisata alam air sungai. Secara geografis Kota Tasik ini diapit oleh dua sungai besar. Di sebelah Utara ada Sungai Citanduy yang menjadi batas wilayah dengan Kabupaten Ciamis, sedangkan di sebelah Selatan ada Sungai Ciwulan yang berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya. Kedua sungai tersebut kerap dijadikan lokasi olahraga dan wisata berupa arung jeram.

Selain diapit oleh dua sungai besar tersebut, Kota Tasik juga memiliki sungai-sungai yang mengalir di tengah kota, salah satunya Sungai Cikalang. Di Sungai Cikalang inilah terdapat potensi wisata air river tubing atau papalidan yang dikelola oleh para Mantan Narapidana Tasix (Manasix).

Ketua Manasix Asep Ugar mengatakan, dia bersama teman-teman sesama mantan narapidana mengawali wisata ini karena melihat potensi wisata air yang bisa dikembangkan di Sungai Cikalang.

"Dulu Sungai Cikalang ini banyak sampah. Kami dari Manasix merasa prihatin dengan kondisi sungai yang dipenuhi sampah sehingga memutuskan untuk bergotong royong membersihkan sampah dari sungai," ujar Asep, Jumat (6/11/2020).

Menurutnya, lokasi yang sekarang menjadi tempat objek wisata River Tubing tepatnya di Jalan Leuwi Genta Cikareo, perbatasan Kecamatan Purbaratu dan Cibeureum ini, dikenal angker dan banyak sampah. Sejak tahun 2017, pihaknya terus membersihkan sampah dari aliran Sungai Cikalang.

"Dulu tempat ini angker. Tempat pembuangan mayat tanpa identitas. Namun, setelah kami bersihkan sampah-sampah dan menatanya, tempat ini sekarang tidak begitu angker," ucap Asep.

Dia menjelaskan, wisata River Tubing yang dikelola Manasix ini tergolong juga sebagai wisata edukasi. Pihaknya ingin para generasi muda bisa mencintai dan bersahabat dengan alam.

"Kami selalu sampaikan dan mengajak wisatawan yang berkunjung untuk mencintai alam. Slogan kami dalam mengelola objek wisata alam ini nikmati aliran airnya cintai lingkungannya," ungkapnya.

Di samping itu, pihaknya juga memperkenalkan kerajinan yang ada di wilayah Kecamatan Purbaratu dan Cibeureum yakni kerajinan mendong.

"Di sini kan ada kerajinan mendong salah satu ikon Kota Tasik. Kami kenalkan ke wisatawan terutama kalangan pelajar SMP dan SMA sehingga mereka tahu dan tidak melupakan sejarah," ujarnya.

Menurutnya, kendati fasilitas di objek wisata River Tubing masih terbatas, pihaknya terus berupaya untuk mengembangkannya. "Fasilitas yang ada saat ini yaitu perlengkapan untuk river tubing seperti pelampung, helm, dan ban. Alhamdulillah, kami juga sudah membuat musala, dan tempat bilas," ucapnya.

Salah seorang wisatawan, Dendi mengatakan, dirinya baru pertama berwisata river tubing di sini. Dia bersama temen-temannya sengaja datang untuk mencoba river tubing di Sungai Cikalang.

"Seru juga papalidan dengan ban di sungai Cikalang ini. Airnya cukup bersih dan saya lihat sepanjang sungai cukup bersih dari sampah," ucap Dendi.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers