web analytics
  

5 Tanda Kulit Sehat menurut Dokter Kulit dan 7 Penyebab Kulit Rusak

Kamis, 5 November 2020 12:41 WIB
Gaya Hidup - Sehat, 5 Tanda Kulit Sehat menurut Dokter Kulit dan 7 Penyebab Kulit Rusak, Kulit Sehat,Penyebab Kulit Rusak,kulit kusam,Kecantikan

[Ilustrasi] Apa saja tanda kulit-kulit sehat? Longwill menyebutkan 5 tanda kulit sehat. (Pixabay/Chezbeate)

MIAMI, AYOBANDUNG.COM -- Dokter kulit Deborah Longwill mengatakan, definisi kulit sehat berbeda bagi setiap orang. Profesional medis dari Kota Miami, Florida, Amerika Serikat, itu mengatakan, kesehatan kulit adalah cerminan dari kesehatan internal.

Lantas, apa saja tanda kulit-kulit sehat? Longwill menyebutkan 5 tanda kulit sehat. "Kulit yang sehat bisa jadi adalah kulit yang halus, tidak kering atau bersisik, tidak keriput, dan tidak ternoda akibat jerawat atau kerusakan akibat sinar matahari," kata Longwill, dikutip dari laman New Beauty, Kamis (5/11/2020).

Dia menyebutkan, ciri-ciri kulit sehat dengan sirkulasi baik adalah terhidrasi, halus, kencang, dan berseri. Semuanya mungkin tampak seperti mimpi, tetapi sebagai pakar kulit, Longwill mengatakan, pencapaian itu adalah tugas setiap orang.

Penyebab kulit tidak sehat

Longwill mengemukakan, kondisi kulit yang kurang ideal dapat disebabkan oleh berbagai hal. Ada beberapa indikator utama bahwa kulit tidak sesehat yang seharusnya, misalnya tampak bernoda, atau memiliki bercak dan pigmentasinya tidak teratur.

Beberapa penyebab kulit tidak sehat mungkin karena:

  1. Dehidrasi
  2. Kebiasaan merokok
  3. Asupan gizi yang buruk
  4. Paparan sinar matahari
  5. Paparan angin dingin kronis
  6. Kurang tidur
  7. Paparan radikal bebas.

Menurut Longwill, hal terpenting adalah mencari akar masalahnya terlebih dahulu. Jika sedang menghadapi jerawat tak berkesudahan, bisa jadi masalahnya ada pada hormonal atau karena kesehatan usus yang sedang terganggu.

Kemungkinan lain yakni produk yang digunakan secara topikal tidak sesuai dengan tubuh, kurang selaras dengan kebutuhan nutrisi, dan/atau hormonal. Seseorang perlu memastikan kondisi mikrobioma seimbang karena itu pun dapat memicu masalah kulit.

Konsultasi dengan dokter kulit adalah langkah terbaik untuk memulai penanganan. "Mereka dapat membantu Anda dalam mendeteksi apa yang memicu munculnya jerawat, bercak kering, dan/atau pigmentasi," ucap Longwill.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers