web analytics
  

Kecamatan Bojongloa Kidul, Wilayah dan Penduduknya Terkini

Kamis, 5 November 2020 11:29 WIB Andres Fatubun
Bandung Raya - Bandung, Kecamatan Bojongloa Kidul, Wilayah dan Penduduknya Terkini, Kecamatan Bojongloa Kidul, Wilayah dan Penduduknya Terkini,Kecamatan Bojongloa Kidul,Kecamatan di Bandung,Industri sepatu Cibaduyut,Perajin sepatu Cibaduyut

Perajin sepatu kulit sedang membuat sepatu di Cibaduyut, Kecamatan Bojongloa Kidul. (Ayobandung.com/Ryan Suherlan/Magang)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Kecamatan Bojongloa Kidul" class="related-tag text-orange">Kecamatan Bojongloa Kidul merupakan kecamatan yang berada di kawasan selatan Kota Bandung dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Margahayu dan Margaasih di wilayah Kabupaten Bandung 

Bojongloa Kidul memiliki luas wilayah 5,3 kilometer persegi yang terdiri dari enam kelurahan, yaitu Cibaduyut Kidul, Cibaduyut Wetan, Mekarwangi, Cibaduyut, Kebonlega, dan Situsaeur.

Mekarwangi merupakan kelurahan terluas, dengan cakupan luas mencapai 24,15%. Sedangkan yang paling kecil adalah Cibaduyut Kidul, 11%.

Berdasarkan data dalam Angka 2020 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung, Bojongloa Kidul berada di ketinggian antara 686-770 meter di atas permukaan air laut.

Secara administratif, Bojongloa Kidul memiliki 44 Rukun Warga (RW) dan 261 Rukun Tetangga (RT).

Jumlah penduduk Bojongloa Kidul per semester II tahun 2019, sebesar 77.428. Dengan jumlah laki-laki sebesar 39.672 dan perempuan 37.756. Kelurahan Kebonlega memiliki jumlah penduduk terbanyak (23.768) dan Cibaduyut Wetan paling sedikit (6.265).

Pendidikan dan Kesehatan
Penduduk Bojongloa Kidul menurut usia sekolah per Semester II 2019 terbanyak berada pada kelompok usia 7-12 tahun atau sekolah dasar dengan jumlah 9.383 orang. Diikuti usia 0-3 (4.661), 4-6 (4.621), 13-15 (4.435), 19-21 (4.077), dan terakhir 16-18 (3.415).

Jumlah sekolah dasar yang berada di Bojongloa Kidul per 2019 sebanyak 14, terdiri dari tujuh SD negeri dan tujuh swasta.

Untuk jenjang SMP, terdapat sembilan unit sekolah yang terdiri dari satu SMP Negeri dan delapan sekolah swasta. Selain itu terdapat empat Madrasah Tsanawiyah yang dikelola swasta.

Sedangkan untuk tingkat pendidikan atas, terdapat lima sekolah yang semuanya di bawah pegelolaan swasta, lima sekolah kejuruan, dan tiga madrasah aliyah

Di level pendidikan tinggi, terdapat tiga lembaga pendidikan yang semuanya dikelola swasta.

Terkait layanan kesehatan di Bojongloa Kidul, terdapat satu rumah sakit bersalin umum, satu rumah sakit bersalin, tiga puskesmas, empat balai pengobatan, dan 10 apotek.

Lahan bukan sawah mendominasi kawasan Bojongloa Kidul seluas 515,88 hekatre. Sisanya sekitar 16,5 merupakan lahan sawah yang tersebar di dua keluarahan yaitu Cibaduyut Kidul (16 ha) dan Mekarwangi (1,5 ha). 

Sebagai kawasan yang mengandalkan sektor industri dan perdagangan seperti industri sepatu kulit, di Bojongloa Kidul terdapat 10 bank yang dikelola pemerintah, enam bank swasta, satu bank perkreditan rakyat, satu koperasi unit desa, satu koperasi industri kecil dan kerajinan rakyat, serta enam koperasi simpan pinjam.

Industri Sepatu Cibaduyut Terdampak Covid-19
Ketika wabah pandemi Covid-19 mulai masuk ke Indonesia pada bulan Maret 2020, dampaknya langsung terasa bagi pelaku industri sepatu di Cibaduyut. 

Beberapa bahan baku yang diimpor dari Cina seperti bahan-bahan imitasi, bahan sintetis dan beberapa aksesoris, datang tidak seusai waktu. Bahan-bahan tersebut terpaksa diimpor dari Cina karena tidak dapat diproduksi di dalam negeri.

Meski bahan baku sepatu yang diimpor dari Cina terhambat, namun harga pasaran tetap stabil.

Kawasan Cibaduyut merupakan sentra industri yang menjadi surga belanja bagi pelancong luar kota bahkan luar negeri seperti Jepang, Korea Selatan, dan Singapura,

Disarikan dari buku 'Wisata Parijs van Java' karya Her Suganda, sentra industri sepatu Cibaduyut sudah ada sejak 1920. Pada awalnya, para perajin di sana bekerja di toko-toko sepatu milik orang Tionghoa, namun mereka kemudian memutuskan untuk membuka usaha sendiri.

Seiring dengan berjalannya waktu, sentra industri Cibaduyut tidak hanya menyediakan sepatu, tetapi juga tas, kaos, dan ikat pinggang. Sentra ini terletak di dekat Terminal Leuwipanjang dan mudah diakses melalui tol Pasir Koja, tol Kopo, tol Moh Toha, dan juga tol Buahbatu.

Editor: Andres Fatubun
dewanpers