web analytics
  

Kepatuhan Protokol Kesehatan di Hotel Restoran Sumedang Baik

Rabu, 4 November 2020 16:31 WIB Adi Ginanjar Maulana
Umum - Regional, Kepatuhan Protokol Kesehatan di Hotel Restoran Sumedang Baik, Protokol Kesehatan di Hotel,PHRI Kabupaten Sumedang,Pandemi Corona

Ilustrasi. (Pixabay)

SUMEDANG, AYOBANDUNG.COM -- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Sumedang menyatakan kepatuhan penerapan kesehatan pada sektor tersebut cukup baik saat libur panjang pekan lalu.

Ketua PHRI Kabupaten Sumedang Nana Mulyana mengatakan, tingkat kepatuhan memakai masker dan menjaga jarak di beberapa hotel dan restoran cukup baik. Bahkan, peningkatan wisata pun naik 10% saat libur panjang pekan lalu.

"Kenaikan didominasi wisatawan lokal," katanya, Rabu (4/11/2020).

Dia mengaku, terus berkoordinasi sesama pelaku usaha agar protokol kesehatan ini menjadi syarat wajib yang perlu diterapkan di masa adaptasi kebiasaan (AKB) ini.

"Kalau bukan kita yang mengingatkan kepada pengunjung, siapa yang akan bertanggung jawab?" katanya.

Nana pun mengaku, para tamu sudah selektif ketika datang ke Sumedang mau pilih hotel di mana. Mereka mencari tahu lebih dulu mengenai penerapan protokol kesehatannya.

"Ini berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan para tamu sendiri saat menginap di hotel," katanya.

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19, Dewi Nur Aisyah mengatakan, penggunaan masker di masyarakat sudah di angka 80%. Namun, terjadi penurunan saat libur panjang dibandingkan dengan periode yang sama dua pekan sebelumnya.

"Ini angka cukup bagus jika masyarakat sudah patuh keluar rumah menggunakan masker, tapi pas libur panjang ada penurunan," katanya.

Untuk menjaga jarak, kata dia, masih lebih kecil di angka 70%-an. "Karena orangnya ramai jadi kurang bisa menjaga jarak. Trennya menurun dibandingkan dua pekan sebelumnya," paparnya. 

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers