web analytics
  

Cegah Klaster Perkantoran, Lindungi Diri dengan Protokol Kesehatan Lengkap

Rabu, 4 November 2020 12:47 WIB Rizma Riyandi
Bandung Raya - Bandung, Cegah Klaster Perkantoran, Lindungi Diri dengan Protokol Kesehatan Lengkap, Protokol kesehatan di kantor,Ubah Laku,Jurnalisme Ubah Laku,protokol kesehatan covid-19

Protokol kesehatan di kantor. (Ayobandung.com/Rizma Riyandi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Klaster perkantoran dari kasus Covid-19 terus bermunculan, terutama di kota-kota besar, tak terkecuali Bandung. Guna mencegah kemunculan klaster ini, setiap kantor di Kota Bandung diwajibkan menerapkan protokol kesehatan.

Selain dari kantor sendiri, kesadaran para karyawan untuk menerapkan protokol kesehatan juga diperlukan. Hal inilah yang diterapkan Brenda Irene Medeline, salah satu staf marketing di perusahaan media lokal Bandung.

Selain memakai masker dan face shield, Brenda menyiapkan beberapa alat antiseptik di meja kerjanya, di antaranya sabun cuci tangan, hand sanitizer, dan spray sanitizer.

Hand sanitizer digunakan untuk membersihkan tangan, sedangkan spray sanitizer dipakai untuk mensterilisasi barang-barang yang selalu dipakai, seperti sajadah dan karpet.

"Kalau hand sanitizer kan sebenarnya dipakai kalau kita buru-buru aja. Aku sih selalu berusaha cuci tangan sesering mungkin, makanya di sini ada sabun cici tangan yang foam," kata Brenda kepada Ayobandung.com, Selasa (3/11/2020).

Tak hanya itu, Brenda pun selalu menyiapkan obat-obatan dan vitamin penjaga daya tahan tubuh.

Perempuan yang juga pemilik Indomec Medical Klinik Balikpapan ini memang sudah lama melengkapi ruang kerjanya dengan amunisi protokol kesehatan, bahkan jauh sebelum Pandemi Covid-19 berlangsung.

Protokol kesehatan di kantor yang dilakukan Brenda Irene Medeline. (Ayobandung.com/Rizma Riyandi)

Namun setelah Pandemi terjadi, Brenda jadi lebih berhati-hati saat beraktivitas di kantor. Ia selalu memakai masker dan face shield saat bertemu klien. Brenda juga menggunakan alas kaki yang berbeda saat memasuki ruangan kerja.

"Sepatu yang aku pakai kan bisa aja ketempelan kuman atau virus, jadi sebisa mungkin enggak aku bawa ke dalam ruangan," ujarnya.

Di samping itu, Brenda juga selalu memakai alat makan dan minum sendiri. Di luar itu, menurutnya menerapkan protokol kesehatan adalah kesadaran pribadi.

Hal inilah yang harus ditumbuhkan pada setiap diri pekerja, sebab tingkat risiko penularan Covid-19 di antara pekerja cukup tinggi, mengingat para karyawan pasti bertemu dengan banyak orang, baik di dalam maupun di luar kantor.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers