web analytics
  

PERSIB HARI INI: Singkirkan Arema, Persib Lolos Dramatis ke Final ISL 2014

Rabu, 4 November 2020 12:23 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, PERSIB HARI INI: Singkirkan Arema, Persib Lolos Dramatis ke Final ISL 2014, Vladimir Vujovic,Makan Konate,Atep,PERSIB HARI INI

[Ilustrasi] Vladimir Vujovic saat berduel dengan pemain Persija (Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Persib Bandung berhasil menang dramatis saat berhadapan dengan Arema Cronus saat semifinal Indonesia Super League (ISL) 2014 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, 4 November 2014 atau tepatnya 6 tahun silam.

Tim asuhan Djadjang Nurdjaman berhasil lolos ke Final ISL 2014 setelah mencetak gol di menit-menit akhir dan menjalani babak perpanjangan waktu di laga semifinal.

Unggulan telak 3-1 atas Arema Cronus, Persib membukukan gol melalui Vladimir Vujovic (83), Atep (91), dan Makan Konate (112). Sementara gol Arema Cronus dicetak Alberto Goncalves (46).

Sepanjang laga tersebut, Persib tampil dengan pantang menyerah sehingga mampu memberikan comeback apik dan bangkit mengejar ketertinggalan. Sedianya, skuat Maung Bandung sempat tertinggal usai penyerang Arema Cronus, Alberto Goncalves, mencetak gol perdana laga di menit ke-46. 

Meski tertinggal, skuat Pangeran Biru tak ciut nyali. Perjuangan dan sikap pantang menyerah mereka membuahkan hasil positif di 7 menit jelang berakhirnya waktu normal. 

Comeback apik Persib dimulai dari gol yang dicetak bek Persib asal Montenegro, Vladimir Vujovic, di menit 83. Vujovic berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 hingga memaksa keadaan tidak berubah sampai berakhirnya waktu normal.

Mau tak mau, duel sarat gengsi ini dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Di babak perpanjangan waktu inilah Persib langsung menggebrak. 

Tak tanggung-tanggung, saat laga baru berjalan satu menit, Atep yang masuk sebagai pemain pengganti berhasil mencetak gol krusial sehingga membuat Persib berbalik unggul 2-1. 

Persib pun kian tampil percaya diri. Skuat Maung Bandung berhasil mengunci kemenangan pada menit ke-112 melalui gol Makan Konate. Laga semifinal pun berakhir dramatis dengan skor akhir 3-1 untuk kemenangan Persib Bandung.

Susunan Pemain Persib vs Arema

Persib Bandung

I Made Wirawan, Supardi Nasir, Vladimir Vujovic, Achmad Jufriyanto, Tony Sucipto, Taufiq (58' Hariono), Firman Utina, Makan Konate, M Ridwan, Tantan (76' Atep), Ferdinand Sinaga.

Cadangan: Shahar Ginanjar, Agung Pribadi, Jajang Sukmara, Abdurahman, Jibril Coulibaly.

Arema Cronus

A Kurniawan, Victor Igbonefo, Purwaka Yudi, Thierry Ghatuessi (77' Benny Wahyudi), Alfarizi, Juan Revi, Gustavo Lopez (78' I Gede Sukadana), Ahmad Bustomi (86' Samsul Arif), Hendro Siswanto, Alberto Goncalves, Cristian Gonzales.

Cadangan: I Made Wardana, Jimi Suparno, Dendy Santoso, Sunarto.

Raih Gelar Juara ISL 2014

Keberhasilan Persib menaklukan Arema ini membawa Persib lolos ke final ISL 2014. Laju manis di semifinal itu bahkan membawa Persib mampu keluar sebagai juara ISL 2014 setelah mengalahkan Persipura Jayapura di laga puncak.

Persib sukses meraih gelar juara setelah mengalahkan Persipura lewat drama adu penalti 5-3. Kemenangan itu terjadi setelah laga yang berlangsung di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring pada 7 November 2014 itu berakhir imbang 2-2.

Kemenangan itu menuliskan sejarah manis untuk Persib Bandung. Pasalnya kemenangan tim kebanggaan bobotoh itu mengobati penantian panjang puasa gelar juara selama 19 tahun.

Terakhir kali Persib tampil sebagai juara pada 1995. Saat itu Maung Bandung sukses mengalahkan Petrokimia Putera dengan skor 1-0 lewat gol Sutiono Lamso.

Perjalanan di ISL 2014

Di ISL 2014 Persib menjadi klub yang cukup sering menampilkan laga-laga dramatis. Mereka menjadi tim yang paling sering mencetak gol menjelang berakhirnya laga. Tak jarang, 15 menit terakhir berjalannya laga menjadi momen kebangkitan Persib. 

Berdasarkan catatan musim itu, 41% gol Persib tercipta pada periode tersebut, termasuk di semifinal saat melawan Arema. Selain itu, kesuksesan Persib juara pada 2014 membuat catatan menarik bagi pelatih Persib Djadjang Nurdjaman. Bagaimana tidak? Pelatih yang karib disapa Djanur itu sukses mempersembahkan trofi untuk Persib dengan tiga jabatan berbeda. 

Di masa Djanur masih berstatus sebagai pemain, ia menjuarai kompetisi Perserikatan pada 1986, 1989/1990, dan 1993/1994. Djanur juga sukses mempersembahkan gelar bagi Persib pada 1994/1995 saat menjabat asisten pelatih dari Indra Thohir.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers