web analytics
  

Abai Prokes, Pengunjung Kafe Tasikmalaya Disanksi Push Up dan Sapu Jalan

Rabu, 4 November 2020 11:02 WIB Heru Rukanda
Umum - Regional, Abai Prokes, Pengunjung Kafe Tasikmalaya Disanksi Push Up dan Sapu Jalan, Razia protokol kesehatan,sanksi razia masker,razia masker

Pelanggar protokol kesehatan disanksi sosial menyapu jalanan dan push up oleh tim patroli satgas Covid-19 Kota Tasikmalaya, Selasa (3/11/2020). (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Untuk menekan penyebaran Covid-19 dalam masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) di Kota Tasikmalaya, Satuan Tugas (satgas) penanganan percepatan Covid-19 Kota Tasikmalaya gencar melakukan patroli.

Patroli dilakukan dalam rangka pengawasan penerapan protokol kesehatan terutama dalam mengontrol pembatasan aktivitas jam malam.

Dalam patroli kali ini, satgas Covid-19 masih menemukan beberapa pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan oleh sejumlah masyarakat yang berada di tempat seperti kedai kopi atau kafe maupun rumah makan.

Perwira pengendali tim patroli satgas Covid-19 Polresta Tasikmalaya Ipda Ivan mengatakan, razia atau pemeriksaan penerapan protokol kesehatan ini dalam rangka pengawasan dan pemantauan disiplin masyarakat terhadap aturan pembatasan aktivitas malam yakni pukul 23.00 WIB.

"Kami masih menemukan beberapa kedai kopi maupun kafe yang jam operasionalnya melebihi batas waktu yang telah ditentukan oleh pemerintah kota yakni jam 11 malam," ujar Ivan, Selasa, (3/11/2020).

Ivan menuturkan, razia kali ini menyisir tempat-tempat yang disinyalir terdapat kerumunan orang seperti kafe dan warung makan.

"Malam ini kami berikan sanksi berupa sanksi sosial menyapu jalanan dan push-up bagi masyarakat yang abai protokol kesehatan tidak memakai masker saat beraktivitas di luar rumah," ucap Ivan.

Ia menegaskan, di samping sanksi sosial, pihaknya juga memberikan sanksi denda administrasi dan teguran lisan bagi pelanggar protokol kesehatan.

"Ada 20 pelanggar yang kami temukan malam ini. 9 pelanggar diberi sanksi berupa teguran lisan, 9 pelanggar disanksi sosial, dan 2 pelanggar disanksi administrasi," ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga mengimbau dan mengingatkan masyarakat agar disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan melakukan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. "Kami ingatkan juga untuk selalu displin protokol kesehatan terutama 3M," ungkapnya.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers