web analytics
  

Bandung Dilanda Hujan Ringan Siang Sore, Waspada Alergi Urtikaria

Rabu, 4 November 2020 06:05 WIB Fira Nursyabani
Bandung Raya - Bandung, Bandung Dilanda Hujan Ringan Siang Sore, Waspada Alergi Urtikaria, Cuaca Bandung Hari Ini,Cuaca Bandung,cuaca Bandung BMKG,Prakiraan Cuaca Bandung,Urtikaria,Alergi dingin

Cuaca hujan di Kota Bandung. (Ayobandung.com/Ryan Suherlan/magang)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Hujan dengan intensitas ringan akan mengguyur wilayah Bandung pada Rabu (4/11/2020). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hujan akan berlangsung saat siang hingga sore hari.

Hujan akan berganti berawan mulai malam hingga dini hari. Suhu Bandung hari ini berkisar di angka 23 sampai 30 derajat Celcius.

Alergi suhu dingin urtikaria

Musim hujan jadi cobaan bagi para penderita alergi suhu dingin atau dalam istilah medis disebut urtikaria.

"Alergi suhu dingin atau sering kali disebut sebagai urtikaria dingin atau biduran yang muncul akibat udara yang dingin. Hal ini ditandai dengan bentol dan gatal pada kulit yang muncul beberapa saat setelah terkena suhu dingin," ujar Dokter Spesialis Kulit dr. Ariani Astasari Widodo, Sp. KK dalam acara diskusi bersama awak media beberapa waktu lalu.

dr. Ariani mengatakan bentol biduran di kulit terbentuk seperti kepulauan yang ada di lautan. Biasanya dimulai dengan kulit memerah, menyusul bentol dan pembengkakan dengan rasanya yang gatal.

"Ukuran bentol juga beragam dari kecil seperti digigit nyamuk, sampai besar-besar membentuk gambaran seperti pulau-pulau. Sedangkan biduran lebih sering muncul akibat pajanan udara yang lembab dan angin yang dingin," tuturnya.

Dermatologis lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK-UI) itu mengatakan, pada umumnya alergi ini bisa hilang dengan sendirinya, jika suhu tidak lagi dingin.

Tapi bisa berbahaya, jika gejala alergi menyebabkan bengkak, sesak napas, hingga jantung berdebar, maka harus segera mendapat pertolongan dokter spesialis kulit.

"Untuk mendiagnosis secara pasti kondisi ini, dokter spesialis kulit umumnya melakukan tes spesifik yang disebut ice cube test, yakni menaruh ice cube (es batu) di kulit pasien, dan mengamati apakah ada gejala biduran atau urtikaria di lokasi tersebut," jelas dr. Ariani.

Dokter yang juga konsultan dan direktur medis di Klinik Dermalogia ini mengatakan, satu-satunya cara menghilangkan alergi adalah dengan menghilangkan pemicunya, meski alergi akan muncul kembali jika cuaca masih dalam kondisi dingin.

Berikut beberapa tips untuk mencegah kekambuhan alergi dingin di musim hujan:

- Hindari pajanan udara, air, atau benda dingin.
- Hindari makanan dan minuman yang terlalu dingin.
- Konsultasikan ke dokter dan minum obat sesuai dengan saran dokter.
- Informasikan kondisi alergi dingin ini jika pergi berobat atau mau menjalani prosedur medis apapun.
- Antisipasi bila mau bepergian ke daerah dengan musim dingin, konsultasi dulu ke dokter untuk diberikan obat jika alergi dingin kambuh saat dalam perjalanan. 

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers