web analytics
  

Umrah Kembali Dibuka, Jemaah Wajib Bebas Covid-19

Selasa, 3 November 2020 20:29 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Ngamprah, Umrah Kembali Dibuka, Jemaah Wajib Bebas Covid-19, Umrah Kembali Dibuka,Kemenag KBB

Sejumlah jamaah haji bertawaf mengelilingi Kabah. (Saudi Ministry of Media via AP)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia telah mengeluarkan regulasi baru bagi jemaah Indonesia yang hendak melaksanakan umrah di masa pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

Kepala Kemenag KBB, Ahmad Sanukri menjelaskan, regulasi dan pedoman keberangkatan umrah telah tertera pada Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 719 tahun 2020.

"Alhamdulillah sekarang masyarakat telah kembali bisa menjalankan ibadah umrah di masa pandemi Covid-19 dengan regulasi khusus," katanya, Selasa (3/11/2020).

Dalam regulasi tersebut diatur beberapa poin penting terkait pelaksanaan ibadah umrah di masa pandemi Covid-19. Salah satunya adalah pembatasan usia yakni minimal 18 dan maksimal 50 tahun.

"Selain itu juga tidak memiliki penyakit penyerta atau komorbid dan wajib memenuhi ketentuan Kemenkes RI," jelasnya.

Selain itu, masyarakat yang hendak menjalankan ibadah umrah juga harus menyertakan surat keterangan bukti bebas dari Covid-19 yang sudah terverifikasi Kemenkes, berlaku 72 jam sejak pengambilan sampel hingga waktu keberangkatan.

"Jika jemaah tidak dapat memenuhi persyaratan bukti bebas Covid-19, maka keberangkatannya ditunda sampai dengan syarat tersebut terpenuhi," katanya.

Sementara itu, sebelum maupun sesudah pemberangkatan PPIU wajib melakukan karantina terhadap jemaah umrah baik saat pemberangkatan maupun tiba kembali di Indonesia.

"PPIU bertanggung jawab melakukan karantina terhadap jemaah yang akan berangkat ke Arab Saudi dan setelah tiba dari Arab Saudi hingga pulang ke Indonesia," katanya.

Ia mengimbau, bagi jamaah yang berangkat umroh di masa pandemi ini mampu menjalankan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik selama di Arab Saudi maupun Indonesia.

"Ini kan demi keselamatan bersama agar selama menjalankan ibadah umrah dan sesudahnya dalam keadaan baik," pungkasnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers