web analytics
  

Waspadai 8 Penyebab Darah Tinggi, Termasuk Banyak Makan Garam

Selasa, 3 November 2020 16:49 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Waspadai 8 Penyebab Darah Tinggi, Termasuk Banyak Makan Garam, Darah Tinggi,penyebab darah tinggi,Tips Kesehatan,garam

Hipertensi atau tekanan darah tinggi, sering tidak menimbulkan gejala yang jelas. Namun, jika lalai diobati, risiko penyakit serius seperti serangan jantung dan stroke bisa meningkat. (Pixabay/Pera Detlic)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Hipertensi adalah nama lain dari tekanan darah tinggi. Kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang parah dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan terkadang kematian. Salah satu penyebab hipertensi adalah terlalu banyak makan garam.

Tekanan darah normal manusia berkisar pada 120/80 mmHg. Bagi mereka yang memiliki angka melebihi itu, bisa dikategorikan terkena tekanan darah tinggi.

Hipertensi terbagi menjadi hipertensi primer (esensial) atau hipertensi sekunder. Sekitar 90–95% kasus tergolong "hipertensi primer", yang berarti tekanan darah tinggi tanpa penyebab medis yang jelas. Kondisi lain yang mempengaruhi ginjal, arteri, jantung, atau sistem endokrin menyebabkan 5-10% kasus lainnya (hipertensi sekunder).

Berikut ini faktor-faktor pemicu yang dapat memengaruhi peningkatan risiko hipertensi:

1. Berusia di atas 65 tahun;

2. Mengonsumsi banyak garam;

3. Kelebihan berat badan;

4. Memiliki keluarga dengan hipertensi;

5. Kurang makan buah dan sayuran;

6. Jarang berolahraga;

7. Minum terlalu banyak kopi (atau minuman lain yang mengandung kafein); dan

8. Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras.

Risiko hipertensi dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang baik dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, demikian dilansir dari Halodoc. (Aufa Fadil)

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers