web analytics
  

6 Perilaku yang Bikin Asmara Kandas, Kamu Pernah Melakukannya?

Selasa, 3 November 2020 16:04 WIB M. Naufal Hafizh
Umum - Unik, 6 Perilaku yang Bikin Asmara Kandas, Kamu Pernah Melakukannya?, Asmara,Tips Percintaan,Putus Cinta

Sedikitnya, ada 6 perilaku yang bikin hubungan asmara atau percintaan kandas. (Pixabay/Sasin Tipchai)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Ketika sedang menjalin hubungan, lantas Anda selalu curiga karena pasangan tidak terbuka dan menjauh, mungkin itu salah satu tanda pasangan ingin putus. Sedikitnya, ada 6 perilaku yang bikin hubungan asmara atau percintaan kandas.

Berikut adalah 6 perilaku paling umum yang bisa membuat hubungan cinta kandas, seperti dilansir Independent, Selasa (3/11/2020):

1. Menjauhkan diri dari pasangan

Komunikasi adalah salah satu kunci utama dalam hubungan. Jika Anda memiliki masalah atau ketakutan, lebih baik dikomunikasikan daripada menjauhkan diri dari pasangan. Hal itu hanya akan menimbulkan kecurigaan dan masalah-masalah.

2. Menyembunyikan perihal keuangan

Hampir 2 dari 5 orang Amerika dalam suatu jajak pendapat mengaku berbohong kepada pasangan soal uang. Hal itu bisa menyebabkan pertengkaran, ketidakpercayaan--dan dalam beberapa kasus--memicu perceraian.

3. Membentuk “ikatan fantasi”

Psikolog Robert Firestone menciptakan istilah “ikatan fantasi” yang mendeskripsikan ilusi ikatan dengan pasangan.

Sederhananya, ketika hubungan percintaan dilakukan atas dasar takut atau terpaksa karena tak ingin ada masalah, hal itu hanya akan menciptakan kisah "palsu".

4. Menutup diri dari pengalaman baru

Riset menunjukkan pasangan yang mencoba hal baru bersama-sama lebih bahagia dalam hubungan mereka. Psikolog Lisa Firestone menulis dalam Psychology Today bahwa saat Anda berhenti membuka diri untuk mencoba pengalaman baru dengan pasangan, hal itu bisa menggoyahkan hubungan dan melahirkan rasa benci.

5. Merendahkan pasangan

Menurut pakar hubungan, John Gottman, menganggap pasangan lebih rendah adalah pemicu perceraian nomor wahid. Langkah pertama menyelesaikan masalah ini adalah menghargai dan menghormati pasangan, serta mencari cara lebih positif untuk mengekspresikan perasaan.

6. Membicarakan topik yang serius lewat teks

Satu studi menemukan bahwa perempuan cenderung lebih bahagia saat mengirim lebih banyak teks untuk menjalani hubunga. Namun, pria sebaliknya.

Karena itu, untuk hal-hal sensitif, lebih baik Anda bertemu dan bicarakan dengan kepala dingin.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers