web analytics
  

PERSIB HARI INI: Kim Cedera Parah dan Laga Penuh Drama Kontra Persija

Selasa, 3 November 2020 12:37 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, PERSIB HARI INI: Kim Cedera Parah dan Laga Penuh Drama Kontra Persija, Persija,Laga Klasik Persib vs Pesija,Kim Kurniawan Cedera

Kim Kurniawan (kimkurniawan/instagram)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tiga tahun lalu atau tepatnya 3 November 2017, menjadi hari tak terlupakan bagi gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan. 

Dalam duel klasik Persib kontra Persija Jakarta di Stadion Manahan, Solo, Kim mendapat tekel brutal dari Rudi Widodo di menit ke-10. 

Kim hanya merasakan sepuluh menit partai klasik pekan ke-33 Liga 1 2017 tersebut. Kim pun ditarik keluar untuk mendapat penanganan lanjutan di rumah sakit terdekat. 

Dari hasil observasi, Kim dinyatakan harus mengakhiri Liga 1 2017 secara prematur karena menderita cedera patah tulang fibula kaki kiri. Bahkan pemain berdarah Jerman-Indonesia ini harus menepi dari lapangan hijau lebih enam bulan. Eks Persema Malang itu pun memilih menjalani proses pemulihan di Jerman.

Laga Kontroversial Dan Penuh Drama
Pertandingan Persija vs Persib, Jumat (3/11/2017) di Stadion Manahan, Solo, berakhir kontroversial. Selain aksi walk out yang dilakukan pemain Persib, terjadi perdabatan panas soal keputusan wasit yang menganulir gol Persib di pertengahan babak pertama.

Tak cuma itu, laga Persija vs Persib Bandung dihentikan wasit saat pertandingan memasuki menit 83. Bahkan laga diwarnai kartu merah dan hadiah penalti Persija hingga membuat tim Macan Kemayoran unggul 1-0 di akhir laga. 

Panasnya laga dimulai ketika wasit asal Australia, Evans Shaun Robert, menganulir gol Persib yang dicetak Ezechiel N'douassel pada menit ke-28. Pengadil lapangan itu menilai bola sundulan Ezechiel belum melewati garis gawang.

Gol yang dianulir itu berawal dari sebuah tendangan pojok yang disambut oleh striker asal Chad itu dengan sundulannya. Bola masuk ke dalam dan menggetarkan jala gawang Persija yang dikawal Andritany Ardhiyasa. Namun sayang, wasit Evans menyatakan gol tersebut tidak sah.

Skuat Maung Bandung pun protes. Mereka menilai bola telah masuk karena jala gawang Persija bergetar. Namun, wasit tidak mengindahkan protes tersebut. Padahal tayangan ulang sendiri memperlihatkan kalau bola dari sundulan Ezechiel telah melewati garis gawang. 

Hingga turun minum, kedua tim masih bermain kuat 0-0. 

Saat ingin melanjutkan babak kedua, para pemain Persib sempat menahan diri untuk tidak main yang mengakibatkan kick-off babak kedua sempat tertunda. Setelah berdiskusi akhirnya, skuat Maung Bandung mau untuk masuk ke lapangan untuk memulai babak kedua.

Di pertengahan babak dua, Persija mendapat hadiah penalti di menit ke-76 setelah pemain Persib menjegal Bruno Lopes di kotak 12 pas. Bruno, yang mengambil eksekusi penalti tersebut berhasil menjalankan tugas dan membawa Persija unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, Persib justru harus bermain dengan 10 pemain di menit ke-81. 

Upaya Vladimir Vujovic untuk mengentikan laju Bruno Lopes di depan kotak penalti malah diganjar kartu kuning. Uniknya, tak lama kemudian wasit langsung memberi kartu kuning kedua setelah bek Maung Bandung itu melakukan protes.

Tak terima dengan keputusan wasit, para pemain Persib memilih menepi ke pinggir lapangan dan memutuskan mundur dari pertandingan saat mereka masih tertinggal 0-1.  
Laga pun berhenti pada menit ke-85 saat wasit Shaun Evans Robert seketika meniup peluit panjang dan langsung membawa bola ke dalam lorong stadion.

Susunan pemain
Persija Jakarta: 

Andritany Ardhiyasa; Rezaldi Hehanusa, Willian Pachecho, Maman Abdurrahman, Ismed Sofyan, Sandi Darma Sute, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu, Rudi Widodo (Fitra Ridwan 65'), Bambang Pamungkas, Bruno Lopes.

Persib Bandung: 
Muhammad Natshir; Tony Sucipto, Vladimir Vujovic, Achmad Jufriyanto, Supardi Nasir, Hariono (Purwaka Yudhi 50'), Raphael Maitimo, Kim Jeffrey Kurniawan (Dedi Kusnandar 12'), Michael Essien (Shohei Matsunaga 73'), Febri Hariyadi, Ezechiel N'Douassel.
 

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers