web analytics
  

Mau Belanja ke Toko Retail di Bandung? Pengunjung Wajib Lakukan Ini

Selasa, 3 November 2020 10:56 WIB Rizma Riyandi
Bandung Raya - Bandung, Mau Belanja ke Toko Retail di Bandung? Pengunjung Wajib Lakukan Ini, protokol kesehatan covid-19,protokol kesehatan di toko,Ubah Laku,Jurnalisme Ubah Laku

Petugas mengecek suhu tubuh pengunjung di salah satu toko retail di Bandung. (Ayobandung.com/Rizma Riyandi)

BOJONGSOANG, AYOBANDUNG.COM -- Pandemi memaksa semua orang untuk menerapkan protokol kesehatan. Termasuk saat harus keluar rumah untuk membeli berbagai kebutuhan.

Berdasarkan pantauan Ayobandung.com di lapangan, hampir semua toko retail di Kota dan Kabupaten Bandung sudah menerapkan protokol kesehatan dengan lengkap. Mereka menyediakan tempat cuci tangan dan mengecek suhu tubuh pengunjung.

Selain itu, semua karyawan toko retail juga menggunakan masker, sarung tangan, dan faceshield. Para pengunjung juga sudah terlihat memiliki kesadaran untuk menerapkan protokol kesehatan.

Salah satunya, Yayan Mulyani (58). Ia tampak mengenakan masker saat berbelanja di Yogya Bojongsoang. Yayan juga membawa hand sanitizer sendiri.

"Saya bawa hand sanitizer sendiri untuk jaga-jaga saja. Di sini (Yogya) juga ada hand sanitizer, tapi kan di depan. Nanti kalau sudah pegang-pegang barang harus bersihkan tangan supaya lebih bersih," katanya kepada Ayobandung.com, Senin (2/11/2020).

Kondisi serupa juga tampak di Borma Bojongsoang. Sebelum masuk ke dalam toko, pengunjung diwajibkan cek suhu terlebih dulu. Jika suhu tubuhnya melebihi 37,5 derajat celcius, mereka tidak diperbolehkan masuk ke dalam toko.

Sebelumnya, Sekretaris Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) Jawa Barat Henry Hendarta menuturkan, semenjak pandemi jam operasional  toko retail dimulai pukul 10.00 sampai 20.00 WIB.

Menurutnya, aturan tersebut berlaku bagi semua toko retail, termasuk retail kecil dan besar. Selama beroperasi, pihak toko juga terus mengedepankan aturan-aturan physical distancing sebagaimana imbauan dari pemerintah pusat maupun daerah.

"Semua layanan di toko retail buka. Hanya jam operasionalnya saja yang dibatasi. Jika khawatir untuk datang ke toko, masyarakat juga bisa membeli secara online. Baik melalui layanan WhatsApp yang sudah disediakan toko atau aplikasi seperti Gojek dan Grab," ujarnya kepada Ayobandung.com.

Henry menjelaskan, setidaknya ada beberapa hal yang harus disediakan oleh toko retail selama pandemi corona, antara lain tempat cuci tangan, hand sanitizer, dan masker bagi karyawan.

"Kalau untuk pengunjung toko, saya lihat sudah ada kesadaran. Kebanyakan mereka berbelanja pasti pakai masker," ujarnya.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers