web analytics
  

Perlukah Kita Tahu Semua Jalan di Bandung?

Selasa, 3 November 2020 07:19 WIB Netizen Deffy Ruspiyandy
Netizen, Perlukah Kita Tahu Semua Jalan di Bandung?, Sepeda,Nama-nama Jalan di Bandung,Wisata Bandung

Sejumlah pesepeda memadati Dago, Jalan Ir Djuanda, Kota Bandung, Minggun (7/5/2020). Meski pandemi Covid-19 mengakibatkan aktivitas Car Free Day (CFD) dihilangkan sementara, namun Dago tetap menjadi sentral bagi pesepeda yang hendak berolahraga. (Ayobandung.com/Kavin Faza) (Ayobandung.com/Kavin Faza)

Deffy Ruspiyandy

Penulis Artikel dan Penulis Ide Cerita di SCTV.

AYOBANDUNG.COM -- Mungkin hampir kebanyakan anak-anak atau orang dewasa di Kota Bandung tidak tahu semua nama jalan-jalan di Kota Bandung. Memang mengetahuinya pun bukanlah sebuah prestasi membanggakan tetapi sebagai pengetahuan haruslah tetap diketahui agar ke mana-mana tidak tersesat.

Terkadang pengendara ojol atau supir mobil online ada yang tidak tahu jalan-jalan di Kota Bandung. Mereka mengandalkan google maps untuk mengetahui hal itu. Namun terkadang itu tidak akurat karena petunjuknya malah berkeliling terlebih dahulu tidak langsung ke tujuan. Benar juga, ternyata mengetahui nama-nama jalan di Kota Bandung akan memudahkan perjalanan. Pengetahuan mengenai nama jalan ini tetap saja penting.

Memang tak ada salahnya jika kita mengetahui nama-nama jalan di Kota Bandung. Selain sebagai bentuk pengetahuan juga bisa mencerminkan kita memahami Kota Kembang sepenuhnya—setidaknya kita mengetahui tempat-tempat yang dimaksud. Dengan begitu kalau tahu kan tidak malu kalau ada yang nanya jalan kita bisa menjawabnya. 

Bahkan kasihan pula jika ada orang luar kota yang bertanya letak jalan itu ternyata orang di Bandung sendiri tak bisa menjawabnya. Dengan demikian, pengetahuan tentang nama jalan tetap punya peran penting karena akan mampu membantu orang.

Sebenarnya, kita bisa menjadikan tren bersepeda sebagai sarana berwisata dan menambah ilmu pengetahuan tentang jalan-jalan Bandung.

Dalam sehari saja, jika dilakukan, akan sangat berpotensi jalan yang diketahui.

Untuk mengenal nama di Bandung ini tidak sesulit kota metropolitan seperti Jakarta. Bandung memiliki keunikan dengan nama-nama jalan, sebab pada wilayah tertentu nama jalan ditentukan berdasarkan nama sesuatu yang terkait dengan keunikan di Provinsi Jawa Barat, kekhasan di tingkat nasional atau nama-nama tokoh nasional dan juga tokoh-tokoh terkenal dalam dunia persundaan itu sendiri.

Kita pun mengenal, Jalan Pajajaran, Jalan Wastukancana, Jalan Gajah Lumantung, Jalan Siliwangi, Jalan Dipati Ukur, Jalan Singaperbangsa atau jalan PHH Mustofa. Di sini kita bisa mengenalkan anak-anak dengan budaya Sunda.

Selanjutnya ada Jalan Burangrang, Jalan Halimun, Jalan Haruman, atau jalan Patuha, itu berarti nama-nama gunung di Jabar. Ada juga yang mengambil nama jalan dari dokter-dokter yang dulu pernah berjasa seperti Jalan dokter Radjiman, jalan dokter Cipto atau jalan dokter Hatta.

Bukan itu saja, ada pula jalan yang diambil nama binatang seperti jalan Lodaya, Jalan Macan, atau Jalan Kancil. Jalan yang diambil dari dunia pewayangan ada Jalan Semar, Jalan Arjuna, Jalan Baladewa atau jalan Dursasana. Kemudian ada jalan yang diambil dari nama pahlawan nasional, Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jenderal Gatot Soebroto, Mohamad Toha atau Mohammad Ramdan atau jalan Jenderal Soedirman atau diambil dari nama sayuran seperti Jalan Saledri, Jalan Bayam atau Jalan Kangkung juga ada yang diambil dari nama jalan dari nama buah atau juga nama pulau-pulau di Indonesia seperti Jalan Aceh, Jalan Sumatera, Jalan Kalimantan atau Jalan Ambon. Juga diambil dari nama Kota/Kabupaten diJjabar seperti Jalan Sukabumi atau Jalan Cianjur dan masih banyak lagi nama jalan unik yang tidak bisa disebutkan di sini. 

Jika dilakukan secara baik kegiatan ini pun bukan mungkin bisa pula menambah pengetahuan bagi anak dan teman-teman kita juga. Bukan mustahil mengenalkan nama-nama jalan itu bisa sebagai bentuk pemberian pelajaran pengetahuan umum bagi anak-anak.

Coba perhatikan saja nama jalan LRE Martadinata atau jalan Ibrahim Adjie mungkin ada yang akan bertanya siapa mereka, kok bisa dijadikan nama jalan. Maka dengan mencari di Mbah Google kita akan bisa menerangkannya.

Ternyata mengetahui nama-nama jalan di Bandung ini bukan sekadar tahu namun bisa menjadi pengetahuan tambahan karena akan semakin tahu tentang sejarah ketika nama jalan itu diberikan pemerintah dulu.

Ada pelajaran menarik yang bisa diberikan kepada anak-anak kita, dan hal ini tentu tak pernah diberikan di sekolah. Jadi, bagi anak-anak pun bisa menggali pengetahuan yang belum diketahuinya. Coba cari Jalan Pelindung Hewan atau jalan Inhofthank. Pada akhirnya mereka akan tahu mengapa di daerah tersebut diberi nama jalan seperti itu dengan menggali dari google dan sumber lainnya.

Ya, kalau dirasa memberikan pengetahuan tentang nama-nama jalan di Bandung kepada anak atau siapapun itu ternyata penting, tak salah kita coba berjalan-jalan sambil mengenalkannya, atau bisa kita terangkan di depan laptop. Namun dengan bersepeda mengelilingi Kota Bandung, Anda akan tahu lokasi dan juga bisa memahami seputar nama jalan tersebut. Yuk kita coba mulai hari esok bagi yang setuju!

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers