web analytics
  

Kadinsos Bandung Jadi Korban Berita Bohong dan Hacker

Senin, 2 November 2020 19:16 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Kadinsos Bandung Jadi Korban Berita Bohong dan Hacker, Kadinsos Bandung Nina Setiana,Berita Bohong,Hoaks,Hacker

Ilustrasi -- Hoaks. (Istimewa)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bandung Nina Setiana menjadi korban berita bohong yang ditulis salah satu media siber. Berita tersebut menjadi bahan kampanye hitam di seosial media beberapa waktu lalu.

Nina mengatakan, pemberitaan media siber tersebut menyebutkan ASN Dinsos acungkan satu jari bersama Cabup Bandung Kurnia Agustina. Di dalam berita tersebur menampilkan foto Nina bersama sejumlah orang dan Kurnia Agustina.

"Itu foto lama, diambil 4 maret 2019 sebelum Kurnia Agustina menjadi calon Bupati Bandung," tutur Nina, Senin (2/11/2020).

Pada saat itu, Kurnia Agustina juga menjadi ketua TP PKK Kabupaten Bandung dan sedang mengunjungi lokasi terdampak bencana di Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan yang dibuktikan dengan unggahan media sosial pada tanggal yang sama. Adapun acungan jari dalam foto tersebut bukan telunjuk, melainkan acungan ibu jari.

"Saya ini kan ASN. Saya tahu kode etik dan koridornya. Jadi saya tidak mungkin melanggar aturan yang sudah ditetapkan. Sangat disayangkan saja yang membuat berita tidak cek dan ricek dulu," ujarnya.

Selain menjadi korban berita bohong, Nina juga menjadi korban hacker. Menurutnya sejak beberapa waktu lalu, nomor telepon selulernya dibajak oleh orang sehingga nomor WhatsApp menampilkan gambar-gambar pasangan calon bupati tertentu juga sering membuat status pilkada.

"Saya juga sudah pasang kok selebaran-selebaran soal nomor telepon saya dibajak. Jika ada masyarakat yang menemukan nomor saya melakukan hal merugikan, segra laporkan karena itu dipastikan bukan dari saya," tutupnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers